Jumat 15 Mar 2024 01:00 WIB

Ini 14 Nama yang akan Menjadi Wakil Rakyat Sumbar di DPR RI Periode 2024-2029

Dari 14 caleg yang lolos ke Senayan, setengahnya adalah wajah baru.

Rep: Febrian Fachri, Febryan A/ Red: Andri Saubani
Pekerja memasukkan logistik Pemilu 2024  ke dalam perahu motor saat akan didistribusikan ke Pulau Bulang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (7/2/2023). KPU Kota Batam menargetkan pendistribusian logistik Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2024 di daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T) yakni Pulau Bulang, Pulau Galang, Pulau Belakangpadang dan Pulau Ngenang selesai pada 8 Februari 2024 dengan menggunakan transportasi laut.
Foto: ANTARA FOTO/Teguh Prihatna
Pekerja memasukkan logistik Pemilu 2024 ke dalam perahu motor saat akan didistribusikan ke Pulau Bulang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (7/2/2023). KPU Kota Batam menargetkan pendistribusian logistik Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2024 di daerah Tertinggal, Terdepan, Terluar (3T) yakni Pulau Bulang, Pulau Galang, Pulau Belakangpadang dan Pulau Ngenang selesai pada 8 Februari 2024 dengan menggunakan transportasi laut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatra Barat akhir pekan lalu telah merampungkan rekapitulasi suara untuk Pemilihan Umum Legislatif 2024. Hasilnya, ada 14 nama yang akan menjadi wakil rakyat Sumbar di DPR RI periode 2024-2029 nanti. Dari 14 orang itu, setengahnya adalah wajah baru. 

Wajah baru dari daerah pemilihan (Dapil) I Sumbar adalah  Zigo Rolanda dari Partai Golkar, Rahmat Saleh dari PKS, Shadiq Pasadigoe dari Partai Nasdem, dan Rico Alviano dari PKB. Lalu dari Dapil II Sumbar ada Arizal Aziz dari PAN, Cindy Monica Salsabila dari Partai Nasdem dan Benny Utama dari Partai Golkar.

Baca Juga

Caleg pejawat yang berhasil mempertahankan kursinya di Senayan untuk Sumbar I adalah Lisda Hendrajoni dari Partai Nasdem, Andre Rosiade dari Partai Gerindra, Athari Gauthi dari PAN. Kemudian 1 nama lagi Alex Indra Lukman dari PDIP, walau kalah di 2019, ia sudah pernah duduk di DPR RI periode 2014-2019.

Dari Dapil Sumbar II, pejawat yang menang adalah Nevi Zuairina dari PKS  dan Ade Rizki Pratama dari Partai Gerindra. Mulyadi dari Partai Demokrat walau bukan pejawat, ia sempat duduk di DPR RI periode 2019-2024 kurang lebih setahun sebelum mundur karena ikut dalam Pilgub Sumbar. 

Kemudian, tercatat sembilan pejawat DPR RI yang dipastikan gagal kembali melaju ke Senayan. Mereka adalah John Kenedy Azis dari Partai Golkar, Muhammad Iqbal dari PPP, Guspardi Gaus dari PAN, Rezka Oktoberia dari Partai Demokrat, Suir Syam dari Partai Gerindra, Darul Siska dari Partai Golkar, Hermanto dari PKS, Asli Chaidir dari PAN dan Darizal Basir dari Demokrat. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement