Rabu 13 Mar 2024 23:08 WIB

Antisipasi Cuaca Ekstrem, BPBD Kabupaten Cianjur Siagakan Petugas di Pantai Selatan

Cuaca ekstrem melanda pantai selatan Cianjur sejak satu pekan terakhir.

Wisatawan berada di pantai selatan CIanjur (ilustrasi). BPBD Kabupaten Cianjur Jawa Barat, menempatkan petugas dan relawan memantau pantai selatan Cianjur.
Foto: ANTARA/Hendra Nurdiyansyah
Wisatawan berada di pantai selatan CIanjur (ilustrasi). BPBD Kabupaten Cianjur Jawa Barat, menempatkan petugas dan relawan memantau pantai selatan Cianjur.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menempatkan petugas dan relawan untuk memantau dan mengawasi serta melarang nelayan untuk melaut. Hal ini seiring cuaca ekstrem yang melanda pantai selatan sejak satu pekan terakhir.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur Asep Sukma Wijaya saat dihubungi Rabu (13/3/2024) mengatakan sejak beberapa hari terakhir gelombang tinggi hingga 5 meter melanda pantai selatan Cianjur, sehingga menyebabkan puluhan perahu nelayan yang ditambatkan di dermaga Pantai Jayanti rusak. "Tercatat sekitar 40 perahu rusak, 20 di antaranya rusak berat dan tiga perahu dilaporkan hilang terbawa gelombang tinggi yang melanda pantai selatan, Selasa (12/3/2023), petugas juga masih melakukan pendataan di pantai selatan lainnya seperti Sindangbarang dan Agrabinta," katanya.

Baca Juga

Berdasarkan informasi dari BMKG ungkap dia, gelombang tinggi akan melanda pantai selatan Jawa Barat termasuk Cianjur hingga akhir Maret, sehingga belasan petugas dibantu Relawan Tangguh Bencana (Retana) disiagakan di sepanjang pantai selatan Cianjur. Petugas akan meminta masyarakat terutama nelayan di pesisir selatan untuk tidak melaut atau mendekat bibir pantai guna mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan termasuk kecelakaan laut karena diperkirakan gelombang dapat mencapai ketinggian 5 meter.

"Larangan melaut dan mendekati bibir pantai sudah kami sampaikan melalui aparat desa dan kecamatan di sepanjang pantai selatan agar disampaikan pada warga terutama nelayan tidak melakukan aktifitas dan mendaratkan perahu agar tidak rusak dihantam gelombang," katanya.

Terkait gelombang tinggi yang melanda pantai selatan Cianjur selama dua hari terakhir, menyebabkan puluhan perahu nelayan yang ditambatkan di dermaga rusak karena dihantam gelombang, sehingga pihaknya melakukan pendataan dengan harapan mendapat bantuan dari pemerintah. "Kami sudah meminta nelayan untuk mendaratkan perahunya guna menghindari perahu rusak dihantam gelombang yang informasi dari BMKG akan terus terjadi hingga akhir bulan Maret. Kami mengupayakan bantuan untuk nelayan yang perahunya rusak dan sudah terdata," katanya.

Sementara nelayan di Pantai Jayanti, Kecamatan Cidaun, terpaksa mendaratkan perahunya guna menghindari kerusakan akibat gelombang tinggi yang melanda kawasan tersebut. Puluhan orang nelayan terdampak karena perahu miliknya rusak berat dan hilang terbawa gelombang.

"Kami hanya bisa pasrah dan berharap mendapat bantuan dari pemerintah karena perahu yang biasa kami gunakan melaut pecah dihantam gelombang. Sejak satu pekan terakhir tidak ada nelayan yang berani melaut karena gelombang tinggi," kata nelayan Pantai Jayanti, Iyenk Sukmayadi (34).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement