Senin 26 Feb 2024 14:30 WIB

PKS Masih Terbanyak Raih Suara Pileg 2024 di DKI Jakarta, Ini Update Real Count KPU

Hingga hari ini, PKS meraih 238.440 suara atau 16,29 persen.

Rep: Bayu Adji P / Red: Andri Saubani
Simpatisan dan sejumlah kader PKS lainnya melakukan pawai menuju gedung KPU untuk mengajukan bakal calon anggota DPR RI dalam Pemilu serentak tahun 2024 di kantor KPU RI, Jakarta, Senin (8/5/2023). Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan partai pertama yang mendaftarkan bakal calon anggota DPR RI dalam kontestasi Pemilu 2024. Sebanyak 580 bakal calon anggota DPR RI dari PKS diantaranya 35,9 persen merupakan bakal caleg perempuan telah terdaftar di KPU untuk mengikuti Pemilu serentak pada 2024 mendatang.
Foto:

Keunggulan PKS di beberapa daerah perkotaan dianggap buah kerja yang tak  bersifat momentum saat pemilihan umum saja. "Syukur Alhamdulillah. Masih kita kawal dan tunggu rekap di KPU. Tapi apa pun keputusan rakyat mesti kita hargai," kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera saat dihubungi Republika, Senin (19/2/2024). 

Mardani mengatakan, unggulnya PKS di wilayah Jabodebek merupakan usaha bersama berbagai pihak. Menurutnya, kader-kadernya bekerja keras tak hanya saat Pileg. Hal itu dinilai sebagai alasan PKS menduduki posisi terunggul, setidaknya untuk sementara ini.  

"(Alasan unggul) kaderisasi yg baik dan kerja pelayanan yang konsisten. Bukan kerja lima tahunan," ujar dia. 

Mardani Ali Sera sendiri meraih suara tertinggi di Pileg DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta I, berdasarkan real count sementara. Raihan suara anggota DPR petahana itu unggul jauh dibanding seratus lebih pesaingnya.

Di Dapil Jakarta II atau daerah pemilihan yang dijuluki 'dapil neraka', politisi senior PKS, Hidayat Nur Wahid juga berhasil meraih suara terbanyak, berdasarkan real count sementara KPU. Hidayat menjadi satu-satunya caleg dengan raihan suara di atas 40 ribu di dapil yang dikenal memiliki persaingan sengit lantaran banyak diisi tokoh politik nasional dan selebritas kondang.

Berdasarkan real count sementara itu, Hidayat Nur Wahid meraih lebih dari 80 ribu suara. Setelah Hidayat, peraih suara kedua terbanyak adalah caleg PAN, yakni artis Uya Kuya, dan posisi ketiga ditempati oleh caleg petahana dari Partai Gerindra, yakni Himmatul Aliyah.

photo
Elektabilita Parpol pada Desember 2023 - (Infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement