Jumat 23 Feb 2024 00:09 WIB

Saat Ini Baru Ada 47 Ribuan, IDI: Indonesia Butuh 78.400 Dokter Spesialis

Dokter spesialis paling banyak praktik di DKI, Jabar, Jatim, dan Jateng.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Muhammad Adib Khumaidi. Menurut data IDI pada Desember 2023, Indonesia memiliki 47.454 dokter spesialis dengan rasio 0,17 per 1.000 penduduk.
Foto:

Menurut Adib, banyaknya jumlah dokter dan tingginya rasio dokter dengan penduduk di beberapa wilayah, terutama DKI Jakarta, karena wilayah tersebut memiliki sarana dan prasarana yang mencukupi dan mudah diakses.

"Kemudian juga dari sisi pendidikan anak, sarana prasarana, pertumbuhan investasi kesehatan dalam hal fasilitas kesehatan masih tinggi di Jakarta," jelasnya.

Selain itu, pembangunan rumah sakit-rumah sakit baru dinilai juga sebagai faktor tingginya jumlah dokter spesialis di Jakarta. Adib menyebutkan faktor ini juga berlaku di wilayah-wilayah lainnya, sehingga pembangunan fasilitas kesehatan akan mendorong meningkatnya sumber daya manusia di bidang kesehatan.

"Jika nilai ekonomi tinggi dan banyak pendirian RS, di situ akan menarik para SDM kesehatan berada dalam satu wilayah," kata Adib.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement