Kamis 22 Feb 2024 11:22 WIB

Yang Terjadi di Rancaekek Fenomena Puting Beliung atau Tornado? Ini Analisis BMKG dan BRIN

Video putaran angin kencang memporakporandakan sejumlah bangunan di Rancaekek viral.

Warga berdiri di antara puing rumah yang hancur akibat angin puting beliung di Desa Sukadana, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Kamis (22/2/2024). BPBD Provinsi Jawa Barat mencatat, bencana angin puting beliung yang terjadi di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung tersebut mengakibatkan 97 rumah dan 17 unit bangunan pabrik mengalami kerusakan serta 413 kepala keluarga terdampak dan 31 orang dilarikan ke rumah sakit.
Foto:

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat mengungkapkan ribuan masyarakat terdampak fenomena angin puting beliung di wilayah Sumedang dan Kabupaten Bandung, Rabu (21/2/2024) sore. Ratusan rumah mengalami kerusakan dari mulai ringan hingga berat.

Humas BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan peristiwa puting beliung terjadi di Kecamatan Cimanggung dan Jatinangor, Kabupaten Sumedang. Selain itu di Kecamatan Rancaekek, Cileunyi, Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Hadi memerinci, sebanyak 13 unit bangunan pabrik terdampak dan 10 unit rumah rusak sedang di Kabupaten Sumedang. Sedangkan, 18 bangunan pabrik dan toko terdampak kerusakan, 223 rumah rusak ringan, 119 rumah rusak sedang, dan 151 rumah berat di wilayah Kabupaten Bandung.

"Korban terdampak 412 kepala keluarga dan 12 orang luka serta 74 jiwa mengungsi di Sumedang. Di Kabupaten Bandung, 1.359 jiwa dan 21 orang luka," kata dia.

Hadi mengatakan asesmen terus dilakukan di lapangan. Selain itu, pembersihan puing-puing yang berserakan dan membantu menebang pohon yang menghalangi jalan masih dilakukan.

Ia mengatakan BPBD Provinsi Jawa Barat telah memberikan bantuan berupa 25 lembar terpal. Pemasangan satu unit tenda dari Batalion 330 dan satu unit dari Kemensos untuk warga Kampung Situbuntu RT 04 RW 02 Desa Mangun Arga, Kecamatan Cimanggung.

photo
10 kebiasaan siaga bencana - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement