Kamis 15 Feb 2024 10:28 WIB

BEC (BSI Entrepreneur Center): Tips Jadi Wirausaha Kreatif Agar Ekonomi Bisa Bangkit

Untuk menjadi wirausaha kreatif, seseorang wajib pahami Framework Wiramuda

Memahami pentingnya peran kewirausahaan dalam membangkitkan perekonomian, BSI Entrepreneur Center (BEC) membagikan beberapa cara bagaimana menjadi pengusaha yang kreatif agar dapat menciptakan ekonomi bangkit.
Foto: dok UBSI
Memahami pentingnya peran kewirausahaan dalam membangkitkan perekonomian, BSI Entrepreneur Center (BEC) membagikan beberapa cara bagaimana menjadi pengusaha yang kreatif agar dapat menciptakan ekonomi bangkit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memahami pentingnya peran kewirausahaan dalam membangkitkan perekonomian, BSI Entrepreneur Center (BEC) membagikan beberapa cara bagaimana menjadi pengusaha yang kreatif agar dapat menciptakan ekonomi bangkit. 

Untuk menjadi wirausaha kreatif, anda harus memahami sebuah framework wiramuda. Framework wiramuda adalah bagaimana membangun sebuah pola berpikir, pola kerja atau pola kehidupan dari seorang wiramuda, dimana framework tersebut teridir dari beberapa poin. 

Berikut adalah beberapa poin dari BEC Universitas BSI untuk menjadi wirausaha kreatif: 

1. Ide Bisnis Saat Ini

Bagaimana anda bisa memanfaatkan ide agar ide tersebut dapat menjadi uang, ketika kita punya ide bisnis saat ini, maka jangan langsung bertindak, melainkan harus menyusun visi misi nya dahulu.

2. Visi & Misi

Visi adalah goal atau tujuan yang akan anda targetkan jangka panjang dan jangka pendek, dari visi tersebut anda dapat menyusun misi-misi kecil yang akan membuat anda mampu menaiki tahap – tahapan berikutnya dalam framework wiramuda.

3. Bisnis Model/ Konsep Bisnis

Suatu model bisnis atau model niaga dalam Wikipedia menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai-nilai - baik itu ekonomi, sosial, ataupun bentuk-bentuk nilai lainnya. Dengan bisnis model anda bisa menjalankan bisnis, anda bisa menggunakan model bisnis yang berbentuk main frame atau bisa juga menggunakan bisnis model canvas.

4. SWOT Bisnis

Selain model bisnis, anda juga wajib mengintegrasikan SWOT Bisnis, dalam artikel midtrans.com Analisa SWOT adalah singkatan yang berasal dari empat elemen dalam metode analisis ini, yakni Strength yang berarti kekuatan, Weakness yang berarti kelemahan, Opportunities yang berarti kesempatan, dan Threats yang berarti ancaman.

5. Bisnis Plan

Rencana bisnis atau business plan adalah suatu dokumen tertulis, dibuat untuk

memproyeksikan keseluruhan informasi mengenai bisnis yang dijalankan bisa berupa company profile ataupun proposal bisnis.

6. Action Plan dan Time Line Bisnis

Action merupakan tindakan yang menunjukkan sebuah aktivitas, proses, atau kepemilikan. Anda harus menetukan bagaimana tindakan untuk menjalankan rencana bisnis anda dengan menjadikan time line sebagai patokan target waktu.

Fuad Nur Hasan selaku Kepala BEC Universitas BSI menyatakan dalam perkembangan ekonomi yang terus berubah, menadi wirausaha kreatif sangatlah penting. 

“Melalui penerapan framework wiramuda dan adopsi tips-tips yang telah kami bagikan, kami berharap dapat membantu para calon wirausaha untuk meraih kesuksesan dan berkontribusi dalam membangkitkan ekonomi,” tandasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement