Jumat 09 Feb 2024 17:26 WIB

Pengusaha Parsel Kubu Raya Banyak Pesanan Jelang Imlek

Mengingat tahun ini adalah Naga Kayu, hiasan serta ornamen pun disesuaikan.

Seorang calon konsumen memilih parsel Imlek di sebuah pusat perbelanjaan, Senin (24/1/2022).
Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid/tom.
Seorang calon konsumen memilih parsel Imlek di sebuah pusat perbelanjaan, Senin (24/1/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, KUBU RAYA -- Pengusaha parsel rumahan di Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat banyak pesanan jelang Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru Cina 2575 Kongzili.

"Imlek tahun ini banyak sekali yang pesan, bahkan sampai kami tolak karena tidak mampu mengerjakannya," ujar pengusaha Parsel Bulb, Cantika, di Kubu Raya, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga

Ia mengaku pesanan parsel langsung membludak menjelang dua pekan sebelum Imlek. Tercatat lebih dari 30 buah parsel terjual sejak dua pekan lalu.

Parsel yang dijual pun tak sembarangan, mengingat tahun ini adalah Naga Kayu, hiasan serta ornamen pun disesuaikan. "Parsel kami rata-rata isinya barang pecah belah seperti mangkok, piring dan gelas. Tentu untuk motif dan corak ya mengikuti hari besar tersebut, contohnya piring dengan gambar naga," katanya pula.

 

Harga parselnya pun bervariasi, mulai dari Rp109 ribu hingga Rp 500 ribu, dan konsumen pun dapat menyesuaikan besaran anggaran untuk parsel yang diinginkan. Dalam dua minggu ini, ia mengaku omzet yang dikantongi mencapai Rp 8 juta hingga Rp 10 juta.

"Dua minggu ini, omzet yang masuk Rp 8 juta-Rp 10 juta. Kami banyak menolak konsumen, karena tidak mampu untuk memenuhi pesanan yang datang dengan waktu yang mepet," katanya lagi.

Mengingat parsel miliknya memerlukan kemampuan untuk merangkai, seperti merangkai kue, pecah belah, dan bunga agar lebih menarik, serta wadah parsel yang dibuat sendiri, maka ia harus menambah karyawan untuk memenuhi pesanan tersebut.

Menurutnya, saat ini sudah menjadi tradisi bagi masyarakat untuk berbagi parsel saat perayaan hari besar. Saat ini parsel tidak hanya diberikan kepada orangtua atau yang dihormati, melainkan sudah menjadi hal lumrah jika kerabat maupun kolega saling bertukar parsel, maka dari itu peluang bisnis parsel sangat menguntungkan.

Satu di antara konsumen parsel yakni Nazilajan mengaku, jika ini kali ke tiga ia memesan parsel dari Bulb dan sudah menjadi konsumen tetap. "Saya sudah pernah pesan sebelumnya, dari Hari Raya Idul Fitri, natal kemarin dan ini untuk Imlek. Untuk Idul Fitri tahun ini saya sudah kembali memesan," ujarnya lagi.

Ia memesan 10 buah parsel untuk Tahun Baru Imlek kali ini dan akan diberikannya kepada koleganya yang merayakan.

Menurutnya saat ini persaingan dan peluang usaha parsel sangat menguntungkan, dan untuk memilih parsel yang pas bergantung dengan selera dan pelayanan dari pemilik usaha.

 

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement