Senin 05 Feb 2024 12:50 WIB

Sebagian Besar Wilayah di DI Yogyakarta Bakal Diguyur Hujan Lebat

Masyarakat diminta mewaspadai potensi bencana akibat hujan lebat.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Agus raharjo
Hujan (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Hujan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat diperkirakan akan kembali mengguyur DIY Senin (5/2/2024) ini. Kondisi ini diperkirakan akan terjadi sejak siang hingga sore hari.

Potensi hujan sedang hingga lebat ini akan terjadi di sebagian besar wilayah DIY. Mulai dari dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunung Kidul bagian utara, Kabupaten Bantul bagian utara, dan Kabupaten Kulon Progo bagian utara.

Baca Juga

"Sedangkan, siang-sore ini juga ada potensi hujan ringan–sedang di Kulon Progo bagian selatan, Bantul bagian selatan, dan Gunung Kidul bagian selatan." kata Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA, Senin (5/2/2024).

Untuk itu, masyarakat di daerah yang berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang-lebat diharapkan waspada. Hal ini mengingat dalam beberapa hari ini kondisi cuaca tersebut mengakibatkan terjadinya bencana.

Mulai dari longsor di Gunung Kidul, sejumlah pohon tumbang menimpa fasilitas publik dan rumah warga. Bahkan talud di Kota Yogyakarta juga mengalami longsor seperti yang terjadi di Sungai Winongo akibat naiknya debit air hingga membanjiri rumah warga di sekitar kawasan bantaran sungai.

"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di Kota Yogyakarta, Sleman, Gunung Kidul bagian utara, Bantul bagian utara dan Kulon Progo bagian utara," ucap BMKG Stamet YIA.

Lebih lanjut dikatakan bahwa gelombang laut di perairan selatan DIY diperkirakan berkisar antara 1,25 meter hingga 2,5 meter pada 5 Februari 2024 ini. Artinya, Senin ini diperkirakan tidak terjadi gelombang tinggi.

"Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta masuk kategori sedang," jelas BMKG Stamet YIA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement