Jumat 02 Feb 2024 17:38 WIB

Menkes Ingin Rumah Sakit Pelat Merah Jadi Seperti Mayo Clinic di AS

Menkes meresmikan Fatmawati Orthopaedic Center di RSUP Fatmawati.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Dalam pernyataan terbarunya, Budi menginginkan rumah sakit vertikal menjadi seperti Mayo Clinic di AS.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin. Dalam pernyataan terbarunya, Budi menginginkan rumah sakit vertikal menjadi seperti Mayo Clinic di AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menginginkan rumah sakit vertikal beroperasi sebagaimana Mayo Clinic di Amerika Serikat sebagai salah satu fasilitas pelayanan kesehatan terbaik di dunia. Rumah sakit vertikal adalah rumah sakit yang berada di bawah pengelolaan Kementerian Kesehatan.

"Mayo itu dokter-dokternya semuanya melakukan uji coba klinis dengan obat-obatan dan alat-alat yang paling modern di dunia," katanya saat Fatmawati Orthopaedic Center di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan, Jumat (2/2/2024).

Baca Juga

Budi mengatakan, Mayo Clinic bisa maju karena klinik tersebut berbayar, tapi bukan untuk mencari keuntungan. Nantinya, biaya yang dipungut dari pasien akan dikembalikan kepada pasien berupa fasilitas dan kualitas pelayanan kesehatan yang baik.

Pelayanan kesehatan yang baik, menurut Budi, salah satunya dipengaruhi oleh kesejahteraan tenaga medis dan kesehatan yang baik. Ia menyebut hal tersebut menjadi prioritas di Mayo Clinic.

Budi mengatakan, Mayo Clinic berisikan dokter dari pasien yang beragam, bahkan dari seluruh dunia. Hal tersebut menyebabkan fasilitas pelayanan kesehatan tersebut selalu ramai dikunjungi, baik siang maupun malam, tidak seperti rumah sakit vertikal di Indonesia pada saat ini yang umumnya hanya melayani di pagi dan siang hari.

"Nah itu jadi pengalaman saya. Ternyata rumah sakit pemerintah itu tidak dimanfaatkan sebaik mungkin," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement