Sabtu 20 Jan 2024 22:29 WIB

Survei LSJ Rekam Elektabilitas Tokoh Bakal Calon Gubernur Jakarta

Survei LSJ digelar pada 8-15 Januari 2024.

Rep: Ronggo Astungkoro, Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Petugas menunjukan suara saat pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta pada 2017. (ilustrasi)
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Petugas menunjukan suara saat pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta pada 2017. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hasil survei Lembaga Survei Jakarta (LSJ) yang dilakukan pada 8-15 Januari 2024 memotret elektabilitas sejumlah sosok sebagai calon gubernur (cagub) DKI Jakarta. Di mana, Ridwan Kamil (RK) menempati posisi paling atas mengungguli nama-nama lain, termasuk Anies Rasyid Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama, dan Sandiaga Salahuddin Uno.

"Ketika LSJ mengajukan pertanyaan kepada responden, siapa yang akan dipilih jika pilgub DKI dilaksanakan saat ini, ternyata justru nama Ridwan Kamil yang memimpin dengan 23,4 persen,” terang Direktur Riset LSJ Fetra Ardianto dalam keterangannya, Sabtu (20/1/2024).

Baca Juga

Fetra menyampaikan, RK dinilai punya potensi besar untuk ikut bertarung dalam pilkada serentak tahun ini. Dari survei yang mereka lakukan terhadap 880 warga DKI yang sudah memiliki hak suara, elektabilitas RK berada di posisi teratas. Mantan wali kota Bandung itu mengalahkan nama-nama besar lain seperti Tri Rismaharini.

Di bawah RK, ada Tri Rismaharini dengan elektabilitas 19,2 persen; Anies Rasyid Baswedan dengan elektabilitas 18,4 persen; Basuki Tjahaja Purnama dengan elektabilitas 8,7 persen; Heru Budi Hartono dengan elektabilitas 5,5 persen; Kaesang Pangarep dengan elektabilitas 3,9 persen; Sandiaga Salahuddin Uno dengan elektabilitas 3,5 persen; dan Ahmad Sahroni dengan elektabilitas 3,2 persen.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement