Jumat 19 Jan 2024 21:18 WIB

Satu Personel Damai Cartenz Gugur dalam Serangan Separatis di Intan jaya

Personel Damai Cartenz sempat melakukan aksi tembakan balasan terhadap penyerang.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Baku tembak TNI dan teroris KKB Papua terjadi di Nduga Papua. Kontak tembak (ilustrasi)
Foto: anadolu agancy
Baku tembak TNI dan teroris KKB Papua terjadi di Nduga Papua. Kontak tembak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA — Satu personel Operasi Damai Cartenz, Bripda Alfandi Steve Karamoy tewas ditembak kelompok separatisme bersenjata Papua Merdeka, Jumat (19/1/2024). Peristiwa penembakan tersebut, terjadi di Distrik Sugapa, Intan Jaya di Papua Tengah.

Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz AKBP Bayu Suseno mengabarkan, Bripda Alfandi gugur setelah terkena tembakan peluru tajam di bagian rahangnya. “Tembakan di bagian rahang kiri yang tembus ke bagian rahang sebelah kanan,” kata AKBP Bayu dalam siaran pers yang diterima wartawan di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Baca Juga

AKBP Bayu menerangkan, peristiwa penembakan tersebut berawal dari patroli keamanan yang dilakukan tim Damai Cartenz di Kampung Bologai, di Distrik Sugapa. Saat melakukan patroli, kelompok bersenjata melakukan penyerangan. “Serangan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) berasal dari belakang tower BTS Telkomsel,” ujar AKBP Bayu.

Bripda Alfandi yang mengalami tembakan, sempat mendapatkan pertolongan oleh regunya. Bahkan dikatakan AKBP Bayu, personel Damai Cartenz yang turut berpatroli, pun sempat melakukan aksi tembakan balasan terhadap kelompok penyerang.

“Aksi serangan KKB terjadi kurang lebih 30 menit,” begitu ujar AKBP Bayu. Bripda Alfandi yang sudah dalam kondsisi tertembak, masih sempat dievakuasi untuk perawatan darurat medis ke Puskesmas Sugapa. “Akan tetapi saat dilakukan medis, Dokter Piter sebagai tim medis, menyatakan Bripda Alfandi sudah gugur,” ujar AKBP Bayu.

Kepala Operasi Damai Cartenz Komisaris Besar (Kombes) Faizal Ramadhani mengatakan, dari identifikasi lokasi terjadinya serangan itu, diduga kelompok separatisme yang menembaki aparat kepolisian tersebut adalah gerombolan yang dipimpin Apen Kobogau.

Nama tersebut, kata Kombes Faizal adalah pemimpin separatisme wilayah Intan Jaya. “Saat ini pasukan keamanan masih melakukan penyisiran, dan pengejaran terhadap KKB yang melakukan penyerangan tersebut,” kata Kombes Faizal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement