Kamis 18 Jan 2024 14:54 WIB

Dorong Lahirnya Para Praktisi, Unisba Buka Dua Prodi Magister Baru

Prodi magister Kedokteran dan Psikologi Profesi telah peroleh izin Kemendikbudristek

Universitas Islam Bandung (Unisba) baru saja membuka dua program studi baru jenjang Magister dan Profesi yaitu Magister Ilmu Kedokteran dan Pendidikan Profesi Psikologi yang merupakan perubahan nama dari Magister Psikologi Profesi. Kedua Prodi ini telah memperoleh izin dari  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan dengan Nomor 928/E/O/2023 dan 929/E/O/2023.
Foto: dok Unisba
Universitas Islam Bandung (Unisba) baru saja membuka dua program studi baru jenjang Magister dan Profesi yaitu Magister Ilmu Kedokteran dan Pendidikan Profesi Psikologi yang merupakan perubahan nama dari Magister Psikologi Profesi. Kedua Prodi ini telah memperoleh izin dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan dengan Nomor 928/E/O/2023 dan 929/E/O/2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Islam Bandung (Unisba) baru saja membuka dua program studi baru jenjang Magister dan Profesi yaitu Magister Ilmu Kedokteran dan Pendidikan Profesi Psikologi yang merupakan perubahan nama dari Magister Psikologi Profesi. Kedua Prodi ini telah memperoleh izin dari  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia berdasarkan Surat Keputusan dengan Nomor 928/E/O/2023 dan 929/E/O/2023.

Rektor Unisba, Prof Edi Setiadi, mengungkapkan bahwa dengan keluarnya izin pendirian kedua program studi tersebut merupakan hal yang menggembirakan bagi Unisba.

Menurutnya, pendirian program studi baru ini merupakan salah satu upaya Unisba dalam memenuhi keinginan Masyarakat untuk bisa menambah pengetahuan terutama bagi praktisi dokter dan psikologi.

“Kita (Unisba) buka program studi ini bagi dokter dan sarjana psikologi yang ingin menambah wawasan dan mengupgrade khazanah keilmuannya. Khususnya para dokter yang baru lulus dari dokter bisa menjadi refresh terhadap ilmu yang didapatkan sebelum beranjak ke spesialis meski Magister bukan menjadi syarat lanjut ke spesialis,” terangnya. 

Rektor mengatakan, kedua program studi tersebut terbuka tidak hanya bagi alumni Unisba saja tapi juga lulusan perguruan tinggi lain sepanjang memenuhi  syarat yang ditetapkan. 

Harapannya, dengan bertambahnya program studi ini dapat meningkatkan profil Unisba. “Bahwa Unisba itu betul-betul lembaga keilmuan yang kredibel dan tentu membanggakan karena program studinya bercama-macam,” ungkapnya.

Menurut Rektor, berbagai fasilitas dan sarana prasarana baik dosen maupun ruangan terus ditingkatkan dan disiapkan sebaik mungkin dalam memenuhi kebutuhan perkuliahan. 

Magister Ilmu Kedokteran tidak hanya menerima lulusan S1 Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan Kedokteran Hewan saja, tapi juga lulusan S1/D4 non Kedokteran seperti Kesehatan Masyarakat, Kebidanan, Keperawatan, Farmasi, Biologi, Kimia, Teknologi Laboratorium Medis, Psikologi Klinis, llmu Gizi, dan Kesehatan Lingkungan. Sedangkan Pendidikan Profesi Psikologi hanya menerima lulusan S1 Psikologi saja.

Kedua program studi tersebut sudah dibuka pendaftarannya hingga 8 Februari 2023. Pendaftaran dilaksanakan full online dengan mengakses laman www.unisba.ac.id dan memilih menu admission. Informasi lengkap terkait Pendaftaran dapat  kunjungi akun resmi media sosial Unisba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement