Rabu 17 Jan 2024 15:13 WIB

Pemkab Bekasi Lanjutkan Pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang

Perbaikan dilakukan di Cikarang Pusat menuju perbatasan dengan Kabupaten Karawang.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kerusakan jalan di Jalan Raya Inspeksi Kalimalang,  Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/5).
Foto: Republika/M Tiarso
Kerusakan jalan di Jalan Raya Inspeksi Kalimalang, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (18/5).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat, melanjutkan pelebaran infrastruktur fisik Jalan Inspeksi Kalimalang. Tujuannya guna percepatan operasional dua arah di sepanjang ruas jalan tersebut.

Penjabat (Pj) Bupati Bekasi, Dani Ramdan mengatakan, perbaikan jalan di ruas tersebut dipusatkan di titik Desa Pasirtanjung, Kecamatan Cikarang Pusat menuju perbatasan dengan Kabupaten Karawang. Hal itu agar jalan yang rusak bisa kembali mulus.

"Sesi Pasar Tegal Danas sudah tuntas akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 ini dilanjutkan di ruas jalan terusannya. Tinggal tersisa panjang kurang lebih 200 meter lagi untuk menuju perbatasan Karawang," kata Dani di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (17/1/2024).

Dia mengatakan, pekerjaan pelebaran jalan di titik akhir menuju perbatasan Kabupaten Karawang itu memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Hal itu mengingat medan untuk penyambungan jalan yang relatif curam.

Pemkab Bekasi juga akan membangun tembok penahan tanah (TPT) terlebih dahulu, kemudian cut and fill menggunakan material, baik tanah maupun bebatuan. Dengan begitu, tercipta elevasi yang diinginkan sebelum memulai pekerjaan pelebaran jalan di ruas tersebut.

"Sebelum pekerjaan pelebaran jalan dilakukan, kita samakan tinggi pada sesi sambungan jalan terlebih dahulu. Kalau untuk budgeting (pembiayaan), semua telah dianggarkan di tahun ini," kata Dani.

Dia pun berharap, pekerjaan pelebaran di Jalan Kalimalang menjadi dua jalur  mampu mendukung kelancaran arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Bekasi. Terlebih, menurut Dani, ruas tersebut kerap terjadi kemacetan akibat penumpukan kendaraan.

"Termasuk jalan di sebelahnya (jalan lama) itu akan ditinggikan (agar tidak tergenang saat hujan) sesuai jalan yang terbaru biometriknya," ucap Dani.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Henri Lincoln memastikan, pekerjaan pelebaran ruas jalan tersebut akan dituntaskan pada tahun ini. Pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang dari batas Kota Bekasi sampai Kabupaten Karawang dilakukan secara bertahap.

Pemkab Bekasi juga mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. Menurut Henri, pembangunan itu akan dilengkapi sejumlah ornamen, taman, hingga jalur pejalan kaki.

"Pemkab Bekasi punya program agar Jalan Inspeksi Kalimalang ini dapat dijadikan jalan protokol atau ikon Kabupaten Bekasi yang bisa dibanggakan seluruh masyarakat," kata Henri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement