Rabu 17 Jan 2024 10:14 WIB

BMKG Prediksi Hujan Lebat Disertai Kilat dan Angin Kencang di DIY Siang-Sore Ini

Masyarakat diminta agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Friska Yolandha
Kanopi drop zone di sisi selatan Stasiun Yogyakarta jatuh akibat hujan lebat. BMKG memprediksi hari ini DIY akan alami hujan lebat disertai kilat.
Foto: Dok: Daop 6 Yogyakarta
Kanopi drop zone di sisi selatan Stasiun Yogyakarta jatuh akibat hujan lebat. BMKG memprediksi hari ini DIY akan alami hujan lebat disertai kilat.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA memprediksi akan terjadi hujan dengan identitas sedang hingga lebat pada Rabu (17/1/2024) ini di DIY. Kondisi cuaca ini diperkirakan akan terjadi siang hingga sore hari.

BMKG Stamet YIA menyebut bahwa potensi hujan tersebut dapat disertai dengan kilat/petir, dan angin kencang. Dikatakan bahwa hujan akan terjadi di sebagian besar wilayah di DIY.

Baca Juga

"Potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang (diperkirakan) di Kota Yogyakarta, Sleman, Kulon Progo bagian utara, Gunungkidul bagian utara dan Bantul bagian utara," kata BMKG Stamet YIA, Rabu (17/1/2024).

Untuk itu, masyarakat diminta agar mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat di DIY. Terutama daerah yang masuk dalam kawasan yang berpotensi. "Peringatan dini, waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir, dan angin kencang," jelas BMKG Stamet YIA.

Sedangkan, pada malam hari diperkirakan akan terjadi hujan dengan intensitas ringan di beberapa wilayah di DIY. Mulai dari Kabupaten Sleman bagian barat, Kabupaten Kulon Progo, Kabupaten Bantul, dan Kabupaten Gunungkidul bagian barat.

"Suhu udara hari ini 23-31 derajat celcius, dan kelembaban udara 68-96 persen," ucap BMKG Stamet YIA.

Sementara itu, arah angin dikatakan bertiup dari barat daya ke barat laut dengan kecepatan maksimum 20 kilometer per jam. BMKG Stamet YIA pun memperkirakan tinggi gelombang laut di perairan selatan DIY berkisar antara 1,25 meter hingga 2,5 meter.

"Tinggi gelombang di perairan Yogyakarta masuk kategori sedang," ungkap BMKG Stamet YIA.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement