Selasa 16 Jan 2024 14:08 WIB

Maruarar Keluar dari PDIP dan Memori Kemeja Putih Saat Batal Jadi Menteri Jokowi

Keluarnya Maruarar Sirait dinilai sebagai akumulasi kekecewaan terhadap PDIP.

Maruarar Sirait
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Maruarar Sirait

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Febrian Fachri, Nawir Arsyad Akbar

Maruarar Sirait pada Senin (15/1/2024) datang ke Kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Kedatangannya dalam rangka menyamapaikan keputusannya untuk pamit dari partai berlambang kepala banteng itu.

Baca Juga

Di sana, ia bertemu dengan Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto dan Rudianto Tjen. Tak lupa ia berterima kasih kepada Megawati Soekarnoputri yang mengizinkannya berbakti untuk negara lewat PDIP.

"Saya mohon maaf, saya mengajarkan kalian untuk loyal tetap bersama PDI Perjuangan, tetapi izinkanlah dengan keterbatasan, saya pamit," ujar Ara, sapaan Maruarar, di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (15/1/2024).

Selanjutnya, ia mengaku akan mengikuti langkah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, Jokowi adalah sosok pemimpin yang sangat dipercaya oleh rakyat Indonesia.

"Jadi saya memilih bersama dengan Bapak Jokowi dalam pilihan politik saya berikutnya ke depan. Mohon doa restunya," ujar Ara.

 

 

Ketua DPP PDIP, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, bahwa pihaknya menghormati keputusan Maruarar Sirait atau biasa disapa Ara yang pamit dari partainya. Menurutnya, pamitnya Ara secara resmi dipandangnya lebih baik, ketimbang tiba-tiba loncat ke pihak lain.

"Lebih baik gentle termasuk seperti itu, kalau berbeda pilihan politik dengan kita silakan, karena ini sukarela (mengundurkan diri). Justru ini bikin kita solid, kompak," ujar Djarot di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (16/1/2024).

Menurutnya, pamitnya Ara karena adanya perbedaan pandangan politik juga dihormati oleh DPP PDIP. Jelasnya, partai berlambang kepala banteng itu masih memiliki banyak kader yang loyal.

"Inilah bagian dari kristalisasi kader, ada kader yang tetap setia dan loyal dalam menghadapi pertarungan-pertarungan politik. Dengan prinsip, dengan nilai bahwa kebenaran pasti akan menang," ujar Djarot.

photo
Elektabilitas Parpol Berdasarkan Survei Desember 2023 - (infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement