Selasa 09 Jan 2024 07:47 WIB

Andi Widjajanto Gugat Prabowo: Mengapa Beli Jet Bekas yang Pernah Ditolak pada 2009?

TPN Ganjar-Mahfud soroti kebijakan Prabowo beli Mirage-2000-5 bekas dari Qatar.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2024).
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud menyoroti sejumlah kebijakan Prabowo Subianto sebagai menteri pertahanan (menhan) terkait alat utama sistem senjata (alutsista). Salah satunya adalah pembelian 12 jet tempur bekas buatan Prancis Mirage 2000-5 dari Qatar.

Meski pembelian itu akhirnya dibatalkan Menhan Prabowo. Namun, kebijakan itu menjadi sasaran empuk bagi kubu lawan untuk menggugat kebijakan Prabowo.

Baca Juga

Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto menyebut, pemerintah Indonesia pada era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah menolak hibah satu skuadron pesawat tempur Mirage dari Qatar pada 2009. Hal tersebut terjadi pada era Menhan Juwono Sudarsono.

"Teknologi usang ini kami pentingkan untuk dimunculkan Mas Ganjar benar-benar bertanya tentang itu. Terutama tentang Mirage, karena pertanyaan Mas Ganjar ke kami sederhana saja, mengapa (membeli) sesuatu yang 15 tahun ditolak Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono?" ujar Andi di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Senin (8/1/2024).

"Juwono Sudarsono dihibahkan Mirage itu tidak mau, sekarang malah beli dalam kondisi bekas yang jauh lebih tua?" kata Andi menggugat keputusan Prabowo.

Dari data yang dihimpun eks gubernur Lemhannas tersebut, alutsista TNI Angkatan Udara (AU) merupakan yang paling banyak kecelakaan. Hal itu menunjukkan pekerjaan rumah besar bagi Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan TNI dalam melakukan perawatan alutsista.

Namun, dengan pekerjaan rumah yang besar tersebut, kata Andi, Prabowo justru membeli 12 jet tempur Mirage 2000-5 bekas. Padahal, produsen pesawat, yaitu Dasaault Aviatom sudah tak lagi memproduksinya.

Hal tersebut akan menjadi masalah bagi Indonesia dalam merawat 12 jet tempur Mirage 2000-5 jika jadi didatangkan. Pasalnya, komponen perawatannya akan sulit didapatkan karena produsennya sudah menghentikan pembuatan pesawat tersebut.

"Begitu Mirage 2000 tidak diproduksi oleh produsennya di Prancis, akan ada kesulitan-kesulitan untuk melakukan life cycle-nya, untuk melakukan daur hidupnya, untuk melakukan upgrade-nya," ujar Andi.

Teknologi usang...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement