Senin 08 Jan 2024 18:44 WIB

Anies Dinilai Serang Personal, Jubir AMIN: Jokowi Juga Singgung Lahan Prabowo pada 2019

Pada debat Pilpres 2019, Jokowi juga menyinggung 340 ribu hektare lahan Prabowo.

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan (kanan) beradu gagasan dengan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo (tengah) saat debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Ahad (7/1/2024). Debat ketiga Pilpres 2024 yang diikuti oleh ketiga kandidat calon presiden tersebut bertema pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional dan politik luar negeri.
Foto:

Jokowi Minta Format Debat Capres Diperbaiki

Presiden Jokowi pada hari ini meminta agar format penyelenggaraan debat capres bisa diperbaiki lagi. Sehingga, tidak ada lagi calon presiden yang saling menjatuhkan dengan menyerang personal.

Jokowi sendiri mengaku tidak mempermasalahkan saling serang argumen saat debat capres. Namun, serangan-serangan tersebut berkaitan dengan kebijakan dan visi masing-masing capres.

“Sehingga debatnya memang perlu diformat lebih baik lagi, ada rambu-rambu sehingga hidup, saling menyerang nggak apa-apa tapi kebijakan, policy, visinya yang diserang, bukan untuk saling menjatuhkan dengan motif-motif personal,” kata Jokowi saat memberikan keterangan pers di Serang, Banten, Senin (8/1/2024).

Jokowi menilai jalannya debat capres pada Ahad (7/1/2024) malam justru tak memberikan edukasi kepada masyarakat yang menyaksikan. Karena debat hanya menunjukkan saling serang personal. Substansi dari visi masing-masing calon pun tidak terlihat.

“Memang saya melihat substansi dari visinya malah tidak keliatan. Yang kelihatan justru saling menyerang yang sebetulnya enggak apa-apa asal kebijakan, asal policy, asal visi, enggak apa-apa,” kata Jokowi.

“Saya kira nggak baik dan nggak mengedukasi,” ujar dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement