Senin 08 Jan 2024 00:05 WIB

Usai Kasus Knalpot Brong, Kini Giliran Gudang TNI Tersangkut Kendaraan Bodong

Tiga anggota TNI telah diperiksa terkait dengan gudang kendaraan bodong.

Rep: Dadang/Ali/Antara/ Red: Teguh Firmansyah
Pengungkapan penyimpanan kendaraan bodong di Gudbalkir Pusziad, Sidoarjo.
Foto:

Rendra menegaskan, ketiga oknum prajurit TNI AD yang duduga terlibat tersebut bukan anggota organik Kodam V/ Brawijaya. Namun, kata dia, karena lokasi kejadian berada di wilayah Kodam V/Brawijaya, sehingga penanganan kasus dugaan penggelapan kendaraan bermotor tersebut ditangani oleh Pomdam V/ Brawijaya.

"Adapun untuk penyidikan terhadap warga sipil diserahkan dan dikoordinasikan dengan Polda Metro Jaya dan Polda Jatim dalam penyelesaian kasus tersebut," ujarnya.

Sebelumnya, Pomdam V/ Brawijaya bersama Polda Metro Jaya mengungkap kasus tindak pidana penggelapan kendaraan bermotor di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Kamis (4/1/2024). 

Kasus tersebut diduga dilakukan oleh warga sipil berinisial EI dan melibatkan oknum anggota TNI AD. Petugas gabungan menyita ratusan kendaraan bermotor dari sebuah tempat di Buduran, Sidoarjo.

Namun publik bertanya-tanya mengapa kendaraan bodong itu bisa ada di dalam gudang TNI. Apakah karena dirasa aman atau ada alasan lain.  "Waduh itu disimpan untuk apa ya?" tanya seorang netizen.

Polda Metro Jaya menyampaikan bahwa kasus yang diungkap tersebut bukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor, tapi pengungkapan kendaraan bodong. Pengungkapan kendaraan bodong tersebut berawal adanya laporan polisi (LP) soal pelanggaran Undang-Undang Fidusia. Kemudian dalam penyelidikannya pihak menangkap seorang pelaku berinsial El.

“Lebih tepatnya pengungkapan kendaraan bodong, baik mobil dan motor. Kami kerja sama dengan Puspomad dan Pomdam V Brawijaya. Kami dapat info adanya kendaraan dikumpulkan di sana (Gudbalkir Pusziad), kemudian didalami oleh anggota," ungkap Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Yuliansyah.

Diketahui sekitar 215 unit kendaraan roda dua atau motor serta 49 unit kendaraan roda empat atau mobil ditemukan di Markas Gudbalkir Pusziad.

 

 

Mention Yukk, Satu jenis kosmetik yang ada di Meja rias Kamu!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement