Ahad 07 Jan 2024 16:10 WIB

5 Jurusan di Universitas BSI Ini Punya Pekerjaan yang Sulit Tergantikan oleh Teknologi AI

Human Resource Development jadi salah satu pekerjaan yang sulit digantikan AI.

5 jurusan yang sulit tergantikan oleh teknologi AI dan semua jurusan tersebut tersedia di Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) yang dikenal sebagai Kampus Digital Kreatif.
Foto: dok UBSI
5 jurusan yang sulit tergantikan oleh teknologi AI dan semua jurusan tersebut tersedia di Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) yang dikenal sebagai Kampus Digital Kreatif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Teknologi AI (Artificial Intelligence) baru baru ini sedang berkembang dan banyak diminati. Konon, teknologi AI atau kecerdasan buatan ini mampu menggerus sumber daya manusia yang ada. Namun teknologi AI hanya akan tercipta dengan baik dari sumber daya manusia yang berkualitas.

Kecanggihan teknologi ini, tak perlu dikhawatirkan sebab ada beberapa bidang ilmu yang sulit tergantikan oleh teknologi AI atau kecerdasan buatan. Generasi muda dapat memilih jurusan berikut ini agar kelak pekerjaannya sulit tergantikan oleh teknologi AI, di antaranya:

1. Manajemen

Jurusan Manajemen memiliki prospek pekerjaan yang tak tergantikan oleh kecanggihan teknologi AI sekalipun, sebab profesi ini memerlukan kecerdasan emosional yang baik. Salah satu profesinya yakni human resource development (HRD).

2. Komunikasi

Profesi bidang komunikasi pun juga tak mungkin digantikan oleh kecerdasan buatan sebab kecakapan komunikasi yang baik hanya dimiliki oleh manusia. Kemampuan komunikasi yang baik tidak hanya berbicara secara efektif, tetapi juga mampu aktif mendengarkan, beradaptasi dengan lawan bicara, memberi dan menerima tanggapan juga memahami bahasa tubuh. Semua keterampilan juga kecakapan itu hanya dimiliki oleh mereka yang kuliah pada jurusan Komunikasi.

3. Akuntansi

Perusahaan yang menggunakan tenaga akuntan, pasti membutuhkan sumber daya manusia yang terampil, berpendidikan tinggi dan mampu menangani transaksi dengan perhitungan rumit bahkan terkadang diminta pandangan jangka panjang tentang bisnis yang dikelola perusahaan. Dalam hal ini, tentu tenaga akuntan tak bisa tergantikan oleh kecerdasan buatan sebab profesi akuntan membutuhkan keterampilan interpersonal yang baik dan keahlian di bidangnya.

4. Teknik Industri

Meskipun teknologi AI dapat memberikan analisis dan data untuk keputusan strategis, namun sumber daya manusia dalam bidang ini membutuhkan keahlian dan keterampilan interpersonal yang bagus. 

5. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro menjadi jurusan yang akan mendorong terjadinya perubahan teknologi, sehingga jurusan ini tidak akan digantikan oleh robot atau teknologi itu sendiri. 

Itulah 5 jurusan yang sulit tergantikan oleh teknologi AI dan semua jurusan tersebut tersedia di Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) yang dikenal sebagai Kampus Digital Kreatif. Bagi generasi muda yang membutuhkan informasi tentang PMB silahkan segera buka laman https://pmbubsi.id/.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement