Jumat 05 Jan 2024 12:45 WIB

Pemerintah Gencarkan Vaksinasi di Daerah KLB Polio

KLB polio terjadi di beberapa daerah, termasuk Klaten di Jawa Tengah.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Reiny Dwinanda
Petugas medis Dinas Kesehatan Kendari meneteskan vaksin Polio pada balita di Pos Pelayanan Keluarga Berencana di Kecamatan Baruga, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (12/12/2023). Kementerian Kesehatan menetapkan vaksin pneumococcus konyugasi (PCV) ke dalam program imunisasi rutin untuk melindungi dan mencegah kematian pada anak-anak akibat pneumonia, yaitu peradangan paru paru yang disebabkan oleh infeksi.
Foto:

Setelah adanya temuan tersebut, Pemerintah Kabupaten Klaten berencana melakukan imunisasi terhadap ratusan ribu warganya. Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten Anggit Budiarto mengatakan 118.600 orang di daerah itu menjadi sasaran penerima imunisasi pada Subpekan Imunisasi Nasional diselenggarakan serentak di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Dilakukan imunisasi secara serentak kepada anak di bawah tujuh tahun di seluruh wilayah Jateng dan Jatim, akan dimulai tanggal 15 Januari," kata dia di Klaten, Kamis (4/1/2024).

Vaksinasi polio dilakukan dua tahap. Untuk tahap pertama ditargetkan selesai satu pekan, selanjutnya diulang lagi minimal satu bulan berikutnya.

"Saat itu dilakukan surveilans, diawali dari perjalanan ke Sampang, Madura. Pulang kampung karena ibunya lahiran, di sana selama 1,5 bulan. Pulang dari sana, setelah empat hari demam," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement