Jumat 15 Dec 2023 16:11 WIB

Menkes Ungkap Kunci Utama Seseorang Bisa Berpenghasilan Rp 15 Juta per Bulan

Kesehatan dan pendidikan berkualitas kunci penting Indonesia jadi negara maju

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Budi Gunadi Sadikin mengingatkan kesehatan dan pendidikan berkualitas merupakan kunci penting agar Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2030.
Foto: Dok. Kemen
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Budi Gunadi Sadikin mengingatkan kesehatan dan pendidikan berkualitas merupakan kunci penting agar Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2030.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengingatkan kesehatan dan pendidikan berkualitas merupakan kunci penting agar Indonesia bisa menjadi negara maju pada 2030. Kedua hal tersebut diyakini Budi supaya penduduk Indonesia bisa mencapai target pendapatan Rp 15 juta per bulan. 

Hal itu disampaikan Budi dalam diskusi di Media Center Indonesia Maju. Budi menyebut target pendapatan tersebut, termasuk sebagai salah satu syarat menjadi negara maju. "Caranya gimana supaya orang punya pendapatan Rp 15 juta? Gampang. Pertama dia mesti sehat, kedua mesti pinter," kata Budi dalam keterangannya pada Jumat (15/12/2023).

Budi menyebut sektor kesehatan sangat penting didahulukan lantaran saat ini kasus stunting di Indonesia masih cukup banyak. Menurut data yang dimilikinya, prevalensi stunting berada pada angka 25 persen atau sekitar 5 juta anak per tahun.

"Masyarakat tidak bakal pinter nantinya jika stunting masih banyak. Let’s say orangnya pinter tapi tidak sehat, kena stroke, nggak bisa pergi ke kantor, gimana bisa menghasilkan? Itu kenapa sehat dan pinter itu penting, harus dijaga," ujar Mantan Wakil Menteri BUMN ini.

 

Oleh karena itu, Budi berharap siapapun Presiden yang terpilih pada 2024 nanti dapat memilih Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikan yang terbaik. Sebab Indonesia hanya memiliki waktu sekitar tujuh tahun sebelum masuk tahun 2030 dengan target menjadi negara maju.

"Tujuh tahun ke depan sangat penting untuk kita menjadi negara maju. Nanti harus pastikan Menteri Kesehatan dan Menteri Pendidikannya benar. Kalau sampai masyarakat gak sehat dan gak pinter, pada 2030 Indonesia akan gagal menjadi negara maju," ujar Budi.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah memiliki target Indonesia Emas pada 100 tahun kemerdekaan atau pada 2045. Pada saat itu, pendapatan per kapita masyarakat Indonesia diharapkan sudah berada di atas USD 13 ribu (Rp 201 juta) per tahun. Sementara saat ini pendapatan masyarakat Indonesia sebesar 4.700 dolar AS (Rp 72 juta) per tahun atau masih menjadi negara dengan pendapatan menengah atas.

Visi Indonesia Emas 2045 juga menargetkan Indonesia sebagai negara yang memiliki kepemimpinan dan pengaruh yang kuat di dunia internasional. Dengan angka kemiskinan mendekati nol persen dan ketimpangan berkurang. Untuk mewujudkan target tersebut, RPJPN 2025-2045 telah merumuskan 8 Agenda Pembangunan, 17 Arah Pembangunan yang diukur melalui 45 Indikator Utama Pembangunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement