Selasa 02 Jan 2024 22:13 WIB

Pelayat Mulai Berdatangan ke Rumah Duka Almarhum Rizal Ramli

Rizal Ramli meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli,
Foto: Republika/Bayu Adji
Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman, Rizal Ramli,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah pelayat telah mendatangi rumah duka almarhum Rizal Ramli di Jalan Bangka IX No 49R Jakarta Selatan. Salah satu pelayat yang sudah datang yakni Ipang Wahid, putra dari tokoh NU Salahuddi Wahid. Kemudian ada Adhi Masardie yang juga orang dekat Rizal Ramli. 

Berdasarkan pantauan pada pukul 21.30, rumah duka Rizal Ramli masih relatif sepi. Keluarga masih berada di Rumah Sakit Cipto Mangkun Kusuma. Mantan Menko Ekuin di era Gus Dur itu dilaporkan meninggal dunia di Jakarta, Selasa (2/1/2024) pada pukul 19.30 di usia 69 tahun. 

Baca Juga

Rizal Ramli meninggal dalam perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta. "Innaa lillaah wa innaa ilaihi raji'un. Sahabat baik saya DR. RIZAL RAMLI telah wafat, malam ini," tulis Mahfud lewat kicauanya di akun-X. 

"Saya ikut berdukacita yang mendalam, sahabat seperjuangan yang bisa saling mendukung atau pun saling mengritik. Semoga almarhum mendapat surga-Nya. Mas Rizal, damailah di sisi-Nya

Sebelumnya mantan Menteri Keuangan Chatib Basri ikut berbelasungkawa. "Innalillahi wa innailaihi rojiun. Turut berduka cita atas meninggalnya senior saya Dr. Rizal Ramli," kicaunya di akun X (Twitter), Selasa (2/1/2024). 

Chatib mengaku mengenal Rizal sejak era mahasiswa dulu. Ia menyebut Rizal Ramli sebagai Ekonom yang cemerlang, aktivis yang gigih.  "Saat saya di pemerintahan kritiknya bukan main pedasnya. Tapi saya tahu itu dibutuhkan untuk Indonesia yang lebih baik. Selamat jalan Bang Rizal. Kehilangan besar untuk Indonesia," tulisnya. 

Mantan penyidik KPK Yudhi Purnomo Harahap juga menyampaikan rasa dukanya di Twitter. "Innalillahi wa innailaihi rojiun, selamat jalan Pak Rizal Ramli, Indonesia berduka," tulisnya. 

Rizal Ramli yang merupakan kelahiran Padang ini dikenal sebagai sosok cukup kritis terhadap pemerintah. Mantan Menko Ekuin berulangkali melontarkan kritik tajam terkait masalah ekonom yang dihadapi negara ini. Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat, pada 10 Desember 1954. 

Dikenal sebagai aktivis sejak mahasiswa, Rizal sangat kritis terhadap jalannya kebijakan pemerintahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement