Ahad 31 Dec 2023 21:07 WIB

Semarak Malam Pergantian Tahun, Jakarnaval Dihelat dari Monas Hingga Bundaran HI

Parade tahunan ini bergabung dalam perayaan malam tahun baru.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Agus raharjo
Warga sudah padati kawasan Monas dalam gelaran Jakarnaval menjelang pergantian tahun 2024, Ahad (31/12/2023)
Foto: fergi nadira/republika
Warga sudah padati kawasan Monas dalam gelaran Jakarnaval menjelang pergantian tahun 2024, Ahad (31/12/2023)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Kawasan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat dipadati warga yang ingin melihat pertunjukan Jakarta Karnaval (Jakarnaval) untuk semarakkan malam pergantian tahun 2024, Ahad (31/12/2023) malam.

Pantauan Republika.co.id, warga yang hadir didominasi rombongan keluarga, dan muda-mudi berkelompok yang ingin merayakan malam tahun baru di Monas dan sekitarmya. Pj Gubernur Heru Budi Hartono akan membuka dan mengikuti karnaval hingga malam puncak perayaan pergantian tahun di Bundaran HI.

Baca Juga

Para penampil sudah siap menjalankan parade nuansa budaya tahunan ini. Parade tahunan ini bergabung dalam perayaan malam tahun baru. Salah satu warga asal Kebon Jeruk, Dessy sengaja ke Monas bersama suami dan anaknya untuk melihat karnaval.

Dia antusias mengikuti gelaran acara kemeriahan sambut Tahun Baru di Monas. "Dari jam 19.00 sudah di sini, mau lihat air mancur dan lampu-lampu di Monas jelang Tahun Baru," kata dia bersama putri dan suaminya.

Jakarnaval 2023 menampilkan kemeriahan budaya dan parade kendaraan hias yang akan membawa karakter kekayaan intelektual Indonesia. Terdapat 11 mobil hias dengan lampu-lampu yang menarik dan dekorasi karya anak bangsa.

Seperti Sri Asih, Si Juki, Si Unyil, Si Buta dari Gua Hantu dan Satria Dewa Gatotkaca. Mereka akan pawai dari Tugu Monumen Nasional (Monas), menuju Jalan MH Thamrin, kemudian ke Jalan Jenderal Sudirman, dan berakhir di Patung Pemuda Bangun.

Selain itu, Jakarnaval 2023 juga dimeriahkan dengan penampilan Drum Band dari Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI), Ondel-Ondel, Tanjidor, serta ratusan penari dari pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Jakarta.

Tema Jakarnaval tahun ini adalah "Indonesian Legend Intellectual Property" (IP) based character atau karakter berbasis kekayaan intelektual dari karya-karya anak bangsa.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan stakeholder menyelenggarakan Malam Muda Mudi Jakarta Global dengan rangkaian acara mulai dari Jakarnaval, panggung musik, pemutaran video hingga drone show (penampilan pesawat nirawak).

Acara Malam Muda Mudi ini diisi enam segmen menarik, yakni Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement