Rabu 03 Jan 2024 14:08 WIB

Empat Destinasi Wisata di Sleman yang Jadi Favorit Wisatawan Lokal

Lokasi favorit wisatawan nusantara di Sleman adalah candi-candi yang dikelola TWC

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pengunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta. Kabupaten Sleman mencatat jumlah pergerakan wisatawan selama libur Natal 2023 dan Tahun baru 2024 mencapai 471.597 pergerakan.
Foto: ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pengunjung berwisata di Candi Prambanan, Sleman, D.I Yogyakarta. Kabupaten Sleman mencatat jumlah pergerakan wisatawan selama libur Natal 2023 dan Tahun baru 2024 mencapai 471.597 pergerakan.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mencatat jumlah pergerakan wisatawan selama libur Natal 2023 dan Tahun baru 2024 mencapai 471.597 pergerakan. Empat destinasi wisata di Kabupaten Sleman menjadi favorit wisatawan lokal sepanjang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Terdapat empat destinasi/atraksi yang menjadi favorit wisatawan nusantara (66,45 persen), yaitu candi-candi yang dikelola PT TWC (Candi Prambanan dan Kraton Ratu Boko) sebesar 34,02 persen (160.423), Volcano Tour sebesar 17,79 persen (83,879), Kaliurang sebesar 16,87 persen (79.559), dan Tebing Breksi sebanyak 8,38 persen (39.514)," kata Kepala Dinas  Pariwisata Kabupaten Sleman, Ishadi Zayid, Rabu (3/1/2024).

Ishadi mengatakan pergerakan didominasi oleh wisatawan nusantara. Sebelumnya kunjungan wisatawan libur nataru di Sleman diprediksi mencapai 300 ribu.

"Kunjungan libur nataru melebihi target tahun ini karena bersamaan dengan libur sekolah juga banyaknya event yang diselenggarakan oleh pelaku pariwisata (hotel dan destinasi)," ucapnya.

Ishadi menuturkan meningkatnya kunjungan wisatawan libur nataru di Sleman memberikan dampak positif bagi perekonomian, terutama bagi pelaku usaha kuliner.

Sejumlah destinasi menawarkan kegiatan menarik selama libur Tahun Baru 2024. Salah satunya yakni pengunjung bisa menikmati momen pendaran sinar mentari pertama tahun 2024 di Candi Prambanan. Prambanan Sunrise yang dimulai pukul 05.00 WIB juga dimeriahkan dengan penampilan seni pertunjukan tradisional serta ditutup dengan menyantap hidangan dari area Teater Pentas Ramayana Prambanan.

“Prambanan Sunrise menjadi salah satu signature agenda untuk menyambut tahun baru ini. Kami ingin mengenalkan keindahan panorama matahari terbit yang indah, dengan kemegahan Candi Prambanan yang menambah nilai kecantikannya. Seluruh agenda Blessing in Harmony ini merupakan wujud harapan serta konsistensi kita semua dalam menghadirkan destinasi wisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Kami berharap, masyarakat dapat turut serta dan mendukung kami untuk memajukan pariwisata di Indonesia,” kata Direktur Utama PT TWC Febrina Intan dikutip dari laman resmi PT Taman Wisata Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Borobudur.

Tidak hanya itu, sejumlah destinasi wisata favorit lainnya juga menghadirkan kegiatan perayaan malam pergantian tahun. Salah satunya di Wisata Taman Tebing Breksi yang menyuguhkan hiburan dan pesta kembang api.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement