Rabu 20 Dec 2023 15:27 WIB

TPN Ganjar-Mahfud tak Khawatir Dukungan JK ke Anies-Muhaimin

Menurut Arwani Thomafi, Mahfud MD siap untuk ikut debat cawapres, Jumat.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Wakil Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Arwani Thomafi.
Foto:

TPN Ganjar Pranowo-Mahfud MD menggelar rapat mingguan, yang kali ini tak dihadiri oleh empat ketua umum partai politik pengusung. Salah satu agenda rapat tersebut adalah membahas persiapan debat calon wakil presiden (cawapres) yang digelar pada Jumat (22/12/2023).

"Ada banyak agenda, tentunya ya persiapan debat, lalu juga jadwal-jadwal kampanye, termasuk juga melakukan monitor, melakukan evaluasi terhadap kegiatan tahapan keseluruhan yang kita lakukan," ujar Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Arwani Thomafi di Kantor TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Rabu.

Debat sesi kedua yang mengangkat tema besar terkait ekonomi diyakininya tak akan menjadi penghalang untuk Mahfud. Meskipun Mahfud selama ini kerap dikenal sebagai sosok yang sangat kompeten di bidang hukum.

"Beliau Pak Mahfud sudah malang-melintang ya dalam pemerintahan. Sebagai pejabat di pemerintah selalu bersinggungan dengan persoalan-persoalan ekonomi," ujar Arwani.

Selain membahas persiapan debat, TPN juga melakukan evaluasi terhadap strategi pemenangan Ganjar-Mahfud selama seminggu terakhir. Termasuk membahas persiapan untuk memasuki tahun 2024 yang semakin dekat dengan pencoblosan.

"Terpenting adalah bagaimana memasuki di bulan januari nanti, langkah-langkah seperti apa yang tepat untuk dilakukan, untuk bisa memastikan bahwa Ganjar-Mahfud itu bisa merebut kemenangan," ucap Arwani.

"Intinya di rakyat ya, intinya di para pemilih, nah nyambungin antara kehendak, keinginan dengan apa yang betul-betul diinginkan oleh rakyat itu yang paling penting," kata politikus PPP itu.

Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Sementara itu, debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.

Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu. Adapun tema debat pertama meliputi pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Tema debat kedua adalah ekonomi yang mencakup ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tema debat ketiga adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik. Kemudian tema debat keempat adalah pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Lalu, tema debat kelima meliputi kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan juga inklusi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement