Rabu 20 Dec 2023 12:58 WIB

Switch Over Ketujuh, Cara Mengurai Kesibukan di Stasiun Manggarai

Pelaksanaan SO ketujuh sudah dilakukan sejak Selasa (19/12/2023) malam WIB.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Erik Purnama Putra
Penumpang bersiap menaiki KRL Commuter Line di Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan, Ahad (12/2/2023).
Foto:

Dia menjelaskan, pada lantai dasar menjadi jalur satu hingga jalur delapan yang diperuntukan untuk perjalanan KRL Cikarang dan Commuter Line Basoetta serta kereta jarak jauh. Sedangkan untuk KRL Bogor tidak mengalami perubahan dan tetap menggunakan peron yang sama.

"Petugas akan kami siagakan untuk membantu pergerakan penumpang pasca SO ke-7 ini sehingga adaptasi penumpang dapat berlangsung lancar dan tidak menimbulkan kebingungan," ucap Lukman.

Dengan adanya perubahan jalur tersebut, ada sejumlah penyesuaian operasional KRL di Stasiun Manggarai. Pengguna Commuter Line Cikarang untuk tujuan Tanah Abang/Kampung Bandan yang semula dilayani pada peron antara jalur enam dan tujuh akan dialihkan menjadi pada peron di antara jalur satu dan dua.

Pengguna Commuter Line Cikarang untuk tujuan Bekasi/Cikarang yang semula dilayani pada peron jalur delapan akan dialihkan menjadi pada peron antara jalur tiga dan empat. Pengguna Commuter Line feeder untuk tujuan Tanah Abang/Kampung Bandan yang semula dilayani pada peron jalur enam dan tujuh, akan dialihkan menjadi pada peron antara jalur satu dan empat.

Pengguna Commuter Line Bandara Soetta yang semula dilayani pada jalur sembilan akan dialihkan menjadi jalur tujuh dan delapan. Lalu, ada perubahan nomor saja di peron kereta arah Jakarta dan Bogor.

Di mana, kereta menuju Jakarta Kota yang biasanya di jalur 10 dan 11 sekarang jadi sembilan dan 10. Sementara yang ke arah Bogor yang biasanya 12 dan 13 diubah angkanya jadi 11 dan 12.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement