Senin 18 Dec 2023 20:26 WIB

Kronologi Kebakaran di Blok M Square, tidak Ada Korban Jiwa

Delapan unit mobil damkar dan 85 personel dikerahkan padamkan api di Blok M Square.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)
Foto: Antara/Muhammad Iqbal
Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pusat perbelanjaan Blok M Jalan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan mengalami kebakaran pada Senin (18/12/2023) sekitar pukul 16.50 WIB. Sejumlah mobil pemadam kebakaran tampak terparkir di halaman mal dan asap yang awalnya tebal sudah mulai menipis.

Dugaan sementara penyebab kebakaran karena adanya shaft kabel terbakar. “Dugaan penyebab konsleting listrik antara lantai UG dan lantai 1,” ujar Kasiops Gulkarmat Jakarta Selatan Syamsul Huda dalam keterangannya kepada awak media, Senin (18/12/2023).

Baca Juga

Adapun kronologi peristiwa kebarakan, berawal pada saat tim dari area menginformasikan ruang panel lantai 1 zone c parkir keluar asap pada pukul 16.44 WIB. Kemudian tim langsung merapat ke lokasi, lalu membuka pintu panel 1C asap keluar tebal. Kemudian dilakukan pemadaman menggunakan apar dan box hidran.

“Terlihat juga api dari exit tangga darurat belakang ruang panel. Jalur shaft kabel induk SDP. Kemudian mencoba melakukan pemadaman oleh tim teknisi dan sekuriti gedung,” tegas Syamsul.

Menurut Syamsul, sebanyak delapan unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dan 85 personel dikerahkan ke lokasi. Kata dia, mobil damkar dan personel telah tiba di lokasi sekitar pukul 17.02 WIB.

Kemudian pukul 17.05 WIB pemadaman dimulai. Beruntung kebakaran berhasil dipadamkan sebelum api menjadi besar. Lalu api sudah dapat dilokalisir pukul 17.30 WIB.

“Tidak ada korban hanya kepanikan para pengunjung mall berhamburan keluar gedung,” ucap Syamsul.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement