Senin 18 Dec 2023 15:41 WIB

Pemerintah Yakin Covid-19 di Indonesia tidak akan Kembali Jadi Pandemi

Seluruh indikator Covid-19 jauh rendah dari angka situasi saat pandemi

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andri Saubani
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.
Foto:

Terkait Covid-19, Kemenkes mengungkapkan, dalam dua hari terakhir telah terjadi penurunan angka kasus terkonfirmasi Covid-19 di seluruh Indonesia. Kemenkes juga menyatakan tidak benar kabar pandemi akan kembali terjadi karena seluruh indikator yang ada jauh lebih rendah dari angka ketika pandemi terjadi.

“Tidak ada (kembali pandemi dalam waktu dekat). Seluruh indikator jauh rendah dari angka situasi saat pandemi,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada Republika, Senin (18/12/2023).

Nadia juga mengatakan, gelombang baru kasus Covid-19 . Menurut dia, yang terjadi belakangan ini hanyalah peningkatan kasus. Kenaikan kasus terjadi akibat banyak aktivitas luar ruangan seperti perjalanan dalam dan luar negeri serta menjelang ada liburan akhir tahun. 

Berdasarkan data Kemenkes, hari ini tercatat ada 216 kasus konfirmasi, 128 kasus sembuh, satu kasus meninggal, daan 2.010 total kasus aktif. Menurut Nadia, dalam dua hari terakhir terjadi penurunan kasus. Meski begitu, kata dia, pihaknya akan tetap terus memperhatikan perkembangan situasi.

 

photo
Karukatur opini Covid-19 Belum Selesai, Polio Sudah Mengintip - (republika/daan yahya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement