Senin 18 Dec 2023 04:14 WIB

Siswa SMA Labschool Jakarta Ciptakan Puluhan Merek Usaha

Kegiatan Eldest SMA Labschool menumbuhkan semangat berwirausaha.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi menumbuhkan semangat wirausaha.
Foto: Bea Cukai
Ilustrasi menumbuhkan semangat wirausaha.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidak hanya menjadi program tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh siswa Kelas XII SMA Labschool Jakarta, Eldest telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kalender sekolah sejak 2011. Tujuan utama acara itu adalah untuk menanamkan semangat kewirausahaan pada generasi muda Indonesia melalui pengalaman nyata di lapangan.

"Eldest ini sudah berusia lebih sepuluh tahun, beginilah cara SMA Labschool Jakarta menanamkan karakter kewirausahaan sejak awal," ujar Kepala SMA Labschool Jakarta Suparno Sastro dalam siaran pers, Ahad (17/12/2023).

Baca Juga

Eldest tahun ini mewadahi 238 siswa Kelas XII yang dibagi dalam 21 kelompok. Setiap kelompok terlibat aktif dalam membentuk 14 usaha FnB alias makanan dan minuman dan tujuh usaha apparel. Di mana masing-masing grup berinovasi menciptakan merek mereka sendiri. Kegiatan berlangsung di lapangan SMA Labschool Jakarta pada Jumat (15/12/2023).

Suparno melanjutkan, desain kurikulum sekolah Labschool menghadirkan tantangan belajar di luar kelas dengan bentuk projek Eldest. Ini sudah dilakukan jauh sebelum kurikulum merdeka. Pengalaman anak belajar di luar kelas dengan skema projek based learning telah memberi pengalaman belajar yang menantang dan bermakna bagi siswa.

Pada pembukaan Market Day, banyak siswa dan guru-guru yang merasa senang karena acara disambut oleh owner dari Vanilla Hijab, Atina Maulina, dan Staf Ahli Menteri ATR/BPN Bidang Pengembangan Kawasan Budi Situmorang. Budi menyampaikan, kegiatan seperti Eldest sangat penting di masa depan nanti bagi para siswa di sana.

"Kegiatan keterampilan seperti Eldest ini sangat penting di masa depan nanti. Eldest akan mengembangkan jiwa kekompetitifan anak-anak yang pada akhirnya akan membantu Indonesia untuk maju ke depan," ujar dia.

Salah satu pengusaha make up dan hijab yang diundang hadir, Intan Kusuma Fauzie, menilai kegiatan semacam itu sangat bagus dilakukan. Sebab, kata dia, kegiatan kewirausahaan itu dapat melatih kemampuan berwirausaha para murid sejak duduk di bangku sekolah.

Menurut Rizki Shaqi siswa kelas XII yang merupakan CEO dari salah satu company apparel di Eldest 2023, Vasuko, apa yang dikatakan oleh bintang tamu di pembukaan Eldest 2023 memang betul. "Kegiatan Eldest ini tuh benar-benar berguna di masa depan karena memberikan kita preview sedikit tentang kehidupan berwirausaha,” ujar dia.

Sebelum kegiatan dilakukan, telah dilakukan juga rangkaian seminar untuk para peserta Eldest 2023 (19/10/2023). Seminar itu diisi oleh pengusaha-pengusaha seperti Founder & CEO dari The Influencer Group Valentino Ivan, Designer dari ErigoX Pasoari Widiastuti, serta Founder & CEO dari Built by Apes Muhammad Luthfiansyah.

Para narasumber memmberi paparan dalam seminar tentang tantangan dan peluang yang dihadapi oleh wirausahawan muda saat ini serta memberikan inspirasi kepada siswa untuk menjelajahi potensi bisnis yang dimiliki oleh generasi muda Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement