Jumat 15 Dec 2023 06:09 WIB

Ganjar-Mahfud Janjikan 17 Juta Lapangan Kerja Baru Lewat Hilirisasi

TPN mengungkapkan, Ganjar-Mahfud memiliki program unggulan, yaitu KTP Sakti.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Erik Purnama Putra
Capres dan cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD saat sesi rehat debat perdana capres di halaman gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Selasa (12/12/2023).
Foto:

Pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD memiliki salah satu program unggulan jika terpilih pada Pilpres 2024, yakni KTP Sakti. Hal tersebut akan mengintegrasikan sejumlah program Presiden Joko Widodo (Jokowi), seperti Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan bantuan sosial ke dalam satu kartu identitas masyarakat.

Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Patria Ginting menjelaskan, KTP Sakti sejalan dengan program Jokowi. Salah satunya ketika Jokowi mengeluarkan program membeli pupuk subsidi dengan kartu tanda kependudukan (KTP).

"Makanya kami itu pada saat kemarin pak presiden Jokowi kunker dan bicara bagaimana di beberapa tempat tinggal pakai KTP nggak perlu Kartu Tani," ujar Patria di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Jakarta Pusat, Kamis .

Sakti adalah singkatan dari Satu Kartu Terpadu Indonesia. Rakyat miskin penerima manfaat nanti katanya tidak perlu repot-repot membawa berbagai kartu.

Program KTP Sakti yang langsung mengakomodasi sejumlah kebijakan juga sesuai dengan pengembangan KTP-el ke depan. Hal itu sejalan dengan keinginan Jokowi terkait penyederhanaan data.

"Kalau apa yang disampaikan oleh Pak Presiden Joko Widodo terkait bagaimana dia mau mengembangkan soal e-KTP dengan apa yang disampaikan Pak Ganjar dan Pak Mahfud dalam ini (program), sebenarnya kalau dilihat itu sama," ujar Patria.

KTP Sakti adalah program yang bertujuan untuk memudahkan pelayanan untuk warga penerima manfaat. Di dalamnya langsung terintegrasi data Kartu Indonesia Pintar, Program Keluarga Harapan (PKH), hingga bantuan sosial. "Intinya bagaimana lebih sederhana, lebih nggak nyusahin rakyat, lebih cepat," ucap Patria.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement