Kamis 14 Dec 2023 17:24 WIB

Densus 88 Amankan Empat Terduga Teroris di Sukoharjo

Salah satu terduga teroris ditangkap usai melaksanakan shalat Shubuh.

Rep: C02/ Red: Agus raharjo
 Tim Densus 88 Anti Teror.   (ilustrasi)
Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Tim Densus 88 Anti Teror. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO–Tim Densus 88 menangkap empat orang terduga teroris. Keempatnya diamankan di tempat terpisah di Kabupaten Sukoharjo. Penangkapan pertama dilakukan di Dukuh Talang Abang, Desa Sanggrahan Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

Warga yang diamankan adalah seorang pria berinisial, TN (46 tahun). Sedangkan penggeledahan dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB hingga 12.00 WIB. "Penangkapannya tadi malam. Kalau penggeledahannya baru siang tadi," kata Kades Sanggrahan, Sutarman, TN beridentitas warga Desa Cemani, Kecamatan Grogol, Kamis (14/12/2023).

Baca Juga

Sementara itu, pria berinisial S (59) warga di Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo diamankan Densus 88 juga ikut diamankan. Kades Karangasem Bambang Minarno mengatakan S diamankan usai Shalat subuh.

Pihaknya menjelaskan Densus juga melakukan penggeledahan di rumah S dan menyita sejumlah barang. Penggeledahan disaksikan Kades Karangasem, Kapolsek Bulu, dan pihak keluarga.

"Kabar yang saya terima tadi setelah shalat shubuh, pak S, sepulang dari masjid ditangkap oleh Densus 88 di jalan. Tadi yang dibawa pihak kepolisian ada buku, HP, termasuk HP bekas. Ada senapan angin untuk menembak burung," katanya.

Di sisi lain, seorang pria berinisial W (49) warga kampung Kampung Banjarsari Rt 02/II, Kelurahan Mandan, Kecamatan/kelurahan Sukoharjo juga diamankan Densus 88. Menurut tokoh masyarakat Kampung Banjarsari, Suparman (59), tetangganya ditangkap di depan rumahnya saat perjalanan pulang dari masjid.

Selain itu, penggeledahan kediaman W dilakukan sekitar pukul 09.00 WIB. Penggeledahan tersebut dilangsungkan sekitar 1 jam. "Dia rutin jamaah shalat lima waktu di masjid, saat pulang usai shalat Densus 88 sudah menjaga, lalu di perempatan dekat rumahnya ditangkap," kata Suparman.

"Saya kebetulan menjadi saksi mewakili pak RT, yang baru mengejar. Ada beberapa yang dibawa, berupa lima buku, dua HP, dan ada barang bukti yang ditanam semacam serbuk gitu," katanya menambahkan.

Penangkapan keempat yakni di Kedunggudel, RT 01/I, Kelurahan Kenep, Kecamantan/kabupaten Sukoharjo. Pria tersebut berinisial SW (44) berprofesi sebagai tukang las. "Yang bersangkutan diamankan pagi tadi sekira pukul 07.00 WIB, dalam perjalanan usai mengantar anaknya sekolah," kata Camat Sukoharjo Havid Danang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement