Selasa 12 Dec 2023 19:47 WIB

Dianiaya Pacar Tantenya, Balita 3 Tahun Koma di RS Polri Kramat Jati

Balita itu dititipkan ke tantenya karena orang tua bekerja sebagai TKI.

Rep: Ali Mansur/ Red: Agus raharjo
Garis Polisi   (Ilustrasi)
Foto: Arief Priyono/Antara
Garis Polisi (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Balita berinisial H (3 tahun) yang diduga dianiaya seorang pria berinsial RA (29) mengalami koma di Rumah Sakit Polri Kramat Jati, Jakarta Timur. Akibat penganiayaan yang dilakukan kekasih tante korban itu, H mengalami luka yang sangat serius dan mengancam nyawanya. 

Hal ini disampaikan Kepala Rumah Sakit (Karumkit) Polri Kramat Jati Brigjen Hariyanto. “Kondisi balita per hari ini masih belum sadar. Ini kan kondisinya itu mengalami cedera otak berat, pada tulang selangka patah. kemudian memar-memar dan gangguan pada sendi bahu kanan,” tegas Hariyanto dalam keterangannya kepada awak media, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga

Hariyanto menjelaskan, apabila diukur menggunakan Glasgow Coma Scale (GCS), tingkat kesadaran korban adalah tiga. Sementara jika dalam keadaan normal maka nilainya 15. Glasgow Coma Scale merupakan alat pemeriksaan tingkat kesadaran yang paling sering digunakan saat memvalidasi skala koma yang baru.

“Kita kondisi sehat nilainya 15, dia nilainya 3. Kita 15 itu ukuran bisa ngomong, merespons kalau ditepuk, dicubit sakit. Tiga kriteria itu kalau dijumlah 15, dia dijumlah 3,” tegas Hariyanto.

Sebelumnya, seorang balita berusia tiga tahun diduga dianiaya oleh kekasih tantenya hingga mengalami patah dan cedera kepala berat. Terduga pelaku RA sudah diamankan Polres Metro Jakarta Timur dan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Kasus ini viral di media sosial, peristiwa penganiayaan ini diduga terjadi di daerah Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Pelaku dikenakan Pasal 76C Juncto 80 UU RI Nomor 35 tentang Perlindungan Anak dan Pasal 351 KUHP. Ancaman hukuman 5 sampai 15 tahun," tegas Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Metro Jakarta Timur, Ajun Komisaris Polisi Lina Yuliana kepada awak media, Senin (11/12/2023) kemarin.

Kasus ini viral di media sosial. Narasi dalam video yang beredar di media sosial. Balita dititipkan ke tantenya karena orang tuanya sedang bekerja di luar negeri sebagai tenaga kerja Indonesia (TKI). Balita tersebut mengalami patah tengkuk leher dirawat di PICU RS Polri Kramat Jati, usai dianiya oleh kekasih tante kandung korban.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement