Selasa 12 Dec 2023 05:47 WIB

PSI Depok Berharap Kaesang Maju Jadi Wali Kota

Majunya Kaesang dinilai sebagai keinginan masyarakat Depok.

Rep: Alkhaledi kurnialam/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK–Wakil Ketua DPD PSI Depok, Icuk Pramana Putra, mengatakan pihaknya masih berharap agar putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep untuk maju di Pilkada Depok 2024. Meski kemungkinannya kecil, rencana ini disebut didukung oleh partai-partai koalisi yang mengusung Prabowo-Gibran.

"Temen-temen koalisi justru yang paling berharap untuk menjadikan Kaesang jadi wali kota. Itu walaupun terdengarnya mungkin dan segala macam tapi kan di politik kita nggak pernah tahu," kata Icuk Pramana Putra kepada Republika.co.id, Senin (11/12/2023).

Baca Juga

Icuk mengeklaim, majunya Kaesang di Pilkada Depok bukan hanya keinginan PSI Depok, melainkan juga keinginan mayoritas warga Kota Depok. Hal ini lantaran lebih banyak warga Depok yang menginginkan perubahan kondisi untuk masa-masa yang akan datang.

"Tapi kita tetap optimistis, kami pengennya Mas Kaesang jadi wali kota. Mungkin warga Depok juga rasanya satu suara. Kalaupun ada (yang tidak menginginkan Kaesang) sebagian, bukan suara mayoritas. Jadi posisinya adalah meminta perubahan dengan masuknya Mas Kaesang ke Kota Depok," katanya.

 

Dia berharap partai-partai Koalisi Indonesia Maju yang juga menginginkan agar Kaesang maju Pilkada Depok untuk turut menyampaikan aspirasinya kepada Kaesang. Karena DPP PSI Depok disebut Icuk tidak mungkin meminta Kaesang yang menjabat sebagai Ketum PSI untuk turun ke Depok.

"Kami minta juga, tolong ke teman-teman koalisi ya bareng-bareng ngomongnya. Kami dari PSI Kota Depok juga nggak enak nih, minta mas Ketum yang turun kecuali ada dorongan dari teman-teman koalisi yang lain supaya Mas Kaesang tahu bahwa beneran ini warga Depok yang minta," ujarnya.

Jika nantinya Kaesang turun di Pilkada Depok, kata Icuk, hal ini bukanlah menurunkan derajat PSI karena mengikutsertakan ketum-nya di skala pemilihan kepala daerah di daerah satelit. Skenario Ini disebutnya cukup baik karena jika Kaesang menang, ia akan menjadi pemimpin wali kota pertama dari PSI.

"Justru kalau misalnya mas ketum jadi wali kota, justru Ini wali kota pertama dari PSI, pemimpin daerah pertama dari PSI, jadi pecah telur juga. Saya sih berharap begitu, Tapi kan teman-teman di DPP juga punya perhitungan lain untuk mas ketum, nanti mas kuntum maunya berkeprah secara nasional kita juga belum tahu, tapi yang jelas sekarang mas Kaesang itu memang fokus untuk memenangkan PSI di 2024 itu dulu," katanya. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement