Senin 11 Dec 2023 20:20 WIB

Batik Hingga Wayang Sukuraga Jadi Produk Unggulan Kerajinan asal Sukabumi

Sukabumi akan tingkatkan produksi batik dan lestarikan wayang sukuraga.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Seniman asal Kota Sukabumi Fendi Sukuraga mempelihatkan tokoh wayang Sukuraga di Rumah Budaya Fendi Sukuraga di Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi Ahad (10/2).
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
Seniman asal Kota Sukabumi Fendi Sukuraga mempelihatkan tokoh wayang Sukuraga di Rumah Budaya Fendi Sukuraga di Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi Ahad (10/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kota Sukabumi memiliki produk kerajinan unggulan yang menjadi daya tarik bagi pengunjung yang datang. Jenis kerajinan tersebut mulai dari batik khas Sukabumi, batu akik hingga wayang Sukuraga.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Sukabumi Diana Rahesti saat mengikuti Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dekranasda Provinsi Jabar tahun 2023, beberapa waktu lalu di Hotel Savoy Homan, Bandung. Rakerda tersebut dalam rangka evaluasi Program Kerja tahun 2023 dan pembahasan program kerja tahun 2024, sesuai dengan AD/ART Dekranas tahun 2020.

Baca Juga

''Kami memiliki produk kerajinan unggulan daerah dan akan terus dipromosikan,'' ujar Pj Ketua Dekranasda Kota Sukabumi Diana Rahesti. Ada tiga produk unggulan yakni batik, batu akik, dan wayang sukuraga.

Berikutnya kata Diana, kerajinan pelepah pisang, tembikar, bambu, dan produk dengan bahan dasar recycle. Nantinya promosi produk unggulan tersebut akan dimassifkan dalam ajang pameran baik di Kota Sukabumi, tingkat provinsi, nasional hingga internasional.

 

''Alhamdulillah, dengan dukungan Diskumundag (Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan-red), Dekranasda Kota Sukabumi program itu akan berjalan dengan cukup baik,'' kata Diana. Selain itu komunikasi bersama Dekranasda Provinsi Jawa Barat juga berjalan dengan baik, sehingga apapun keadaanya tersampaikan.

Diana mengatakan, bidang yang dilakukan masih kecil, tetapi dekranasda mencoba untuk lebih mengefektifkan program. Misalnya beberapa produk Sukabumi dapat terfasilitasi dalam beberapa program unggulan.

''Bagaimana ke depan, kami menggiatkan sentra kerajinan lebih efektif keberadaannya,'' ungkap Diana. Kedepannya dekranasda melakukan workshop dan program lainnya.

Targetnya kata Diana, dekranasda tetap eksis keberadaannya dalam mendorong sektor kerajinan di Kota Sukabumi. Di antaranya dengan mendorong rencana kerja daya saing produk.

Berupa kegiatan melakukan survei produk lokal yang tersedia di kelurahan, pelatihan kemasan menarik, melaksanakan riset dan development produk, dan melakukan kurasi produk. Berikunya rencana publikasi produk unggulan agar terus berkembang dan memajukan perekonomian daerah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement