Senin 11 Dec 2023 16:55 WIB

BMKG Minta Warga Sultra Waspadai Cuaca Ekstrem Beberapa Hari ke Depan

Cuaca beberapa wilayah di Sultra diperkirakan menhalami hujan sedang dan lebat.

Cuaca ekstrem (ilustrasi). BMKG meminta warga setempat mewaspadai cuaca eksrem di Sulawesi Tenggara (Sultra).
Foto: Antara/Umarul Faruq
Cuaca ekstrem (ilustrasi). BMKG meminta warga setempat mewaspadai cuaca eksrem di Sulawesi Tenggara (Sultra).

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sulawesi Tenggara (Sultra) Stasiun Meteorologi Maritim Kendari meminta warga setempat mewaspadai cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari ke depan. Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie mengatakan cuaca wilayah Kota Kendari dan beberapa kabupaten di Sultra diperkirakan turun hujan dengan kondisi yang berbeda-beda.

"Potensi hujan sedang dan lebat serta disertai kilat, petir, serta angin kencang diperkirakan terjadi pukul 14.00 Wita hingga pukul 14.30," ujarnya, Senin (11/12/2023).

Baca Juga

Wilayah yang akan dilanda hujan meliputi Kabupaten Buton di Kecamatan Pasarwajo, Lasalimu, Lasalimu Selatan, Siotapina, Wolowa, Kabupaten Wakatobi di Kecamatan Wangi-wangi, Binongko, Wangi Wangi Selatan, Togo Binongko, dan Kabupaten Konawe Kepulauan meliputi Kecamatan Wawonii Timur Laut, Wawonii Timur, dan Wawonii Tenggara. Di Kabupaten Buton Tengah potensi hujan di Sangia Wambulu, Kabupaten Buton Selatan di Kecamatan Batu Atas, dan

Kota Bau Bau di Kecamatan Bungi, Lea-lea, dan sekitarnya. "jadi selain di beberapa wilayah kabupaten yang diprediksi hujan pada siang hari dan sore hari, dapat meluas ke wilayah

 

"Kabupaten Konawe, Muna, Buton, Konawe Selatan, Kolaka Utara, Konawe Utara, Buton Utara, dan Kolaka Timur," ujarnya.

Ia mengatakan tidak semua wilayah kabupaten terjadi hujan tetapi di lokasi-lokasi dalam satu desa dan kecamatan. Dia mencontohkan di Kabupaten Muna hujan pada sore hingga malam diperkirakan terjadi di Kecamatan Maligano, Wakorumba Selatan, Lasalepa, Batalaiwaru, Watopute, Kontunaga, Pasir Putih, Pasi Kolaga, dan Batukara, sedangkan kecamatan lain berpotensi cerah berawan.

"Kondisi cuaca ekstrem ini diperkirakan masih akan berlangsung hingga pukul 16.30 Wita," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement