Senin 11 Dec 2023 04:00 WIB

Jadi Tersangka, Komika Lampung Terancam Masuk Bui Lima Tahun

Usai menghina nama Muhammad dipenjara semua, kini komika Aulia yang dipenjara polisi.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Erik Purnama Putra
Komika Aulia Rakhman (33 tahun) yang memakai kaus hitam di Markas Polda Lampung, Ahad (10/12/2023).
Foto: Antara
Komika Aulia Rakhman (33 tahun) yang memakai kaus hitam di Markas Polda Lampung, Ahad (10/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Lampung menetapkan komika asal Lampung, Aulia Rakhman (33 tahun) sebagai tersangka dalam kasus penistaan agama. Komika Aulia pun telah ditahan di Markas Polda Lampung pada Ahad (10/12/2023).

Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik, membenarkan Aulia sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama. Kasus yang menjerat Aulia adalah ketika tampil di acara 'Desak Anies' di sebuah kafe di Kota Bandar Lampung, Kamis (7/12/2023). "Komika AR disangka menistakan agama," kata Umi ketika dikonfirmasi di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Ahad (10/12/2023).

Baca Juga

Umi mengungkapkan, sebelum menetapkan Aulia sebagai tersangka, penyidik telah memeriksa tujuh saksi plus lima orang ahli. Di antara saksi yang diperiksa, ada dua orang yang menyaksikan langsung peristiwa itu di kafe kawasan Sukarame, Bandar Lampung.

Umi menjelaskan, tersangka Aulia dijerat Pasal 156 huruf a KUHP mengenai Penodaan Agama dan Pasal 156 KUHP tentang Ujaran Kebencian terhadap suatu golongan. Ancaman hukuman kepada komika yang dibayar Rp 1 juta untuk tampil di kampanye capres Anies Rasyid Baswedan tersebut adalah lima tahun penjara.

 

Dalam video yang viral, komika Aulia beberapa kali menyebut sebuah nama tidak ada artinya. Dia pun mencontohkan, banyak pemilik nama Muhammad malah menjadi penghuni penjara. Warganet yang menonton video itu pun geram karena langsung bisa menyimpilkan sang komika mengolok-olok Nabi Muhammad SAW.

"Coba elo cek di penjara ya, ada berapa nama Muhammad. Kayak penting aja nama Muhammad itu sekarang ya. Sudah di penjara semua," kata Aulia berceloteh sembari tersenyum ketika membawakan materi stand up, sembari menunggu kedatangan capres Anies di lokasi.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement