Jumat 08 Dec 2023 21:29 WIB

Polda Serahkan ke Gakkumdu Lampung Laporan Komika Aulia Rakhman

Tampil di Desak Anies, Aulia menjadikan nama Muhammad sebagai bahan stand up komedi.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Erik Purnama Putra
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik.
Foto: Dok Polda Lampung
Kabid Humas Polda Lampung, Kombes Umi Fadilah Astutik.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Komika asal Lampung, Aulia Rakhman, yang mengisi stand up komedi pada acara 'Desak Anies' di sebuah kafe Kota Bandar Lampung pada Kamis (7/12/2023), dilaporkan elemen masyarakat ke Polda Lampung. Materi komika tersebut dinilai telah melecehkan Nabi Muhammad SAW.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Umi Fadilah Astutik membenarkan adanya laporan dari masyarakat terkait dengan materi komika Aulia Rakhman. "Betul, Polda Lampung menerima laporan dari masyarakat terkait materi komika yang disampaikan Saudara Aulia Rakhman," kata Umi Fadilah kepada Republika.co.id di Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Jumat (8/12/2023).

Baca Juga

Namun, kata Umi, karena materi itu disampaikan pada pelaksanaan pemilu yang sudah terjadwal ketika kampanye capres Anies Rasyid Baswedan maka laporannya diarahkan kepada tim Gakkumdu Provinsi Lampung. Adapun Gakkumdu terdiri atas Polri, kejaksaan, dan Bawaslu. "Saat ini sedang diproses," katanya.

Video komika Aulia Rakhman tersebut sempat beredar di media sosial, pascamengisi materi pada event selingan acara Desak Anies. Para warganet pun sempat menyerang akun komika tersebut yang dinilai mengarah pada pelecehan umat Islam terhadap seorang Nabi Muhammad SAW.

 

Bahkan, warganet banyak yang menyarankan agar kasus komika Aulia Rakhman dilaporkan ke polisi dan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku karena materi stand up komedinya diduga telah menyinggung dan menghina Nabi Muhammad SAW.

Dia tampil memang sebelum kedatangan capres Anies di kafe tersebut. Penampilan Aulia disaksikan masyarakat langsung, terutama kalangan milenial.

Dia pun mencontohkan namanya sendiri Aulia. Menurut dia, nama Aulia itu bagus seorang pemimpin, sahabat, orang yang dicintai. Namun, selama ini arti nama tidak begitu penting.

"Sekarang ini apa arti nama? Kayak penting aja. Coba elo cek penjara, ada berapa nama yang namanya Muhammad. Kayak penting aja nama Muhammad sekarang, sudah dipenjara semua," kata Aulia yang rekaman penampilannya membuat heboh dunia maya.

Warganet menanggapi negatif dengan materi komika Aulia Rakhman yang telah diduga menyinggung Nabi Muhammad SAW. "Namanya bagus Aulia, tapi ngomongnya asal saja dengan menyinggung nama Nabi Muhammad. Padahal, nama Muhammad sebagai nabi itu yang menolong kita diakhirat," tulis akun IG @norerahman***.

Menurut akun @sepuluhjanu***, materi yang disampaikan komika Aulia tidak perlu pada kondisi sekarang apalagi menyangkut dengan Nabi Muhammad SAW yang dianut umat Islam. “Materinya rendahan, jokesnya keterlaluan tidak menghargai umat beragama terutama umat Islam,” tulis akun @sepuluhjanu***.

Pada akun milik Aulia Rakhman @auliarakhman90, Komika asal Lampung tersebut telah meminta maaf atas tayangan video tersebut, Jumat (8/12/2023). Dia mengakui salah.

"Saya ingin mengklarifikasi dan memohon maaf atas video yang beredar baru-baru ini di acara Desak Anies," kata Aulia di akun Instagramnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement