Rabu 06 Dec 2023 13:18 WIB

Ketua Bawaslu Ingatkan Capres-Cawapres Jangan Berkegiatan Politik di CFD

Kegiatan politik di CFD dilarang karena mengganggu masyarakat yang berolahraga.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.
Foto: Republika/Prayogi
Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengingatkan semua pasangan capres-cawapres dan para caleg untuk tidak melakukan kegiatan politik di areana hari bebas kendaraan (CFD). Hal itu disampaikan seusai cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, membagikan susu di arena car free day (CFD), Jakarta Pusat (Jakpus), Ahad (3/12/2023).

Padahal, bagi-bagi susu merupakan program kampanye andalan pasangan Prabowo-Gibran. "Kami mengingatkan kembali kepada capres-cawapres bahwa CFD tidak boleh digunakan sebagai kegiatan politik," kata Ketua Bawaslu RI, dikutip Jakarta Rabu (6/12/2023).

Baca Juga

Bagja menegaskan, kegiatan politik tidak hanya sebatas kampanye, tapi juga sosialisasi yang tidak menggunakan atribut kampanye dan tidak mengajak memilih. Kegiatan politik di CFD dilarang karena mengganggu masyarakat yang berolahraga.

"Jadi, kegiatan politik bukan hanya kampanye, melainkan juga sosialisasi. Dan kemudian sangat mengganggu teman-teman atau warga yang sedang melakukan olahraga, melakukan kumpul-kumpul di CFD," ujarnya.

 

"Bagaimana kalau olahraga saja? Ya, silakan. Kemudian diharapkan tidak kemudian mengajak atau kemudian membuat booth sendiri tentang capres tertentu atau cawapres tertentu," kata Bagja menambahkan.

Terkait aksi Gibran, Bagja menyebut, jajarannya sedang melakukan penelusuran. Dia mengingatkan, Gibran untuk tidak melakukan aksi itu lagi di arena CFD.

Sementara itu, Bawaslu Jakpus sedang menelusuri dugaan pelanggaran kampanye Gibran atas aksinya di CFD. Beriringan dengan penelusuran, Bawaslu Jakarta Pusat melayangkan surat peringatan kepada Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bahwa arena CFD tidak boleh digunakan untuk kegiatan politik.

Gibran berolahraga sembari membagikan susu gratis di arena CFD, Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakpus, Ahad (3/12/2023). Putra sulung Presiden Jokowi itu bersama elite partai pengusungnya membagikan susu gratis yang merupakan program unggulannya sepanjang kampanye.

Ketika diminta tanggapannya atas dugaan pelanggaran tersebut, Gibran merespons dengan santai. "Silakan ditelusuri. Jika ada sesuatu yang tidak pas, silakan nanti bisa dikomunikasikan dengan tim kami," kata Gibran kepada wartawan di GBK Arena, Jakarta Pusat, Senin (4/12/2023).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement