Sabtu 02 Dec 2023 11:05 WIB

Menhan Prabowo Konsultasi ke Jokowi Terkait Permintaan RS Lapangan Palestina

KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 TNI AL masih belum diberangkatkan ke Mesir.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Menhan Prabowo Subianto menyerahkan delapan unit helikopter Airbus H225M kepada TNI AU di Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/12/2023).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Menhan Prabowo Subianto menyerahkan delapan unit helikopter Airbus H225M kepada TNI AU di Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menyampaikan perkembangan status koordinasi dengan Mesir terkait bantuan sosial bagi rakyat Gaza, Palestina. Selain masih menunggu kapal untuk berlabuh, Prabowo mengungkap Mesir juga menginginkan rumah sakit (RS) lapangan untuk Palestina.

Prabowo mengaku, akan meminta petunjuk Presiden Jokowi terkait usulan RS lapangan tersebut. Karena itu, Kapal Rumah Sakit KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992 TNI AL, masih berada di Indonesia dan belum diberangkatkan ke Mesir.

Baca Juga

"Jadi, ini sedang kita bahas nanti, apakah kita kirim ke rumah sakit lapangan. Namun, yang jelas dia mengatakan kalau rumah sakit, kapal minta ditahan dulu. Karena untuk merapatnya di sana Menteri Pertahanan Mesir mengatakan belum belum bisa dan berapa minggu ini," kata Prabowo di Lanud Atang Sendjaja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/12/2023).

Menurut Prabowo, pemerintah telah menjalin hubungan dengan Menhan Mesir Mohamed Ahmed Zaki terkait kapal yang membawa bantuan untuk berlabuh. Dia memastikan telah melaporkan situasi terkini itu kepada Presiden Jokowi.

 

"Ya ini sudah saya lapor ke presiden, Menteri Pertahanan Mesir saya kontak terus sama beliau. Beliau (Mesir) minta ditahan dulu karena untuk berlabuh begitu banyak kapal sekarang nunggu untuk berlabuh, karena mereka membawa bantuan makanan dan sebagainya," jelasnya.

Meski situasi kapal untuk berlabuh belum ada kejelasan, menurut Prabowo, pemerintah Mesir mengungkapkan, masih membutuhkan bantuan makanan dengan porsi yang lebih banyak lagi untuk dikirim ke Jalur Gaza melewati Gerbang Rafah. Menurut dia, hal tersebut juga bakal menjadi perhatian untuk disampaikan ke RI 1.

"Jadi, ini nanti akan saya lapor ke presiden juga ada saran dari beberapa pihak di negara sekitar itu malah kalau bisa rumah sakit lapangan," jelasnya.

Selain itu, Prabowo menegaskan, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) terus berusaha memikirkan untuk menambah bantuan kepada korban di Gaza, Palestina. Dia menyebut, pemerintah RI bakal memberikan bantuan nyata yang diperlukan rakyat Palestina, dengan tawaran evakuasi korban untuk dirawat di RS TNI AL.

"Kita sedang memikirkan bagaimana menambah bantuan kepada korban konflik di Gaza ya. Jadi, saya terus koordinasi dengan pihak-pihak yang terlibat di situ dan kita akan mencari cara-cara yang yang nyata untuk membantu," ujar Prabowo.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement