Kamis 30 Nov 2023 16:24 WIB

Penipuan Tiket Konser Coldplay, Pelaku Untung Hingga Rp 50 Juta

Pelaku menawarkan tiket fiktif konser Coldplay dengan harga yang bervariasi.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Friska Yolandha
Grup band Coldplay beraksi saat membawakan hits andalannya dalam konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Senayan, Jakarta, Rabu (15/11/2023).
Foto:

Nyatanya, Sisca ini merupakan karakter fiktif yang diperankan sendiri oleh pelaku. "Ketika para korban menghubungi nomor HP Sisca, yang mengoperasikan HP tersebut adalah pelaku sendiri, dan (pelaku) selalu beralasan bilang bahwa dirinya sedang sakit dan belum bisa mengembalikan refund uang pembayaran tiket," ujarnya.

Karena uang pembelian tiket tidak kunjung dikembalikan, korban pun melaporkan hal tersebut ke Polresta Yogyakarta. Petugas Unit 5 Sat Reskrim Polresta Yogyakarta yang menerima laporan kemudian melakukan penyelidikan dan melakukan pemeriksaan saksi-saksi.

Pelaku pun berhasil diamankan pada 27 November 2023 sekitar pukul 13.00 WIB di rumah kontrakannya di Sardonoharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, untuk selanjutnya dibawa ke kantor Satreskrim Polresta Yogyakarta guna kepentingan penyidikan lebih lanjut.

"Dari tiga korban penipuan tiket konser Coldplay tersebut, keuntungan yang diperoleh pelaku, yakni kurang lebih sekitar Rp 50 juta," kata Probo.

Dari pemeriksaan yang dilakukan, diketahui bahwa penipuan tiket konser Coldplay tersebut dilakukan pelaku dengan mengaku memiliki kenalan atau teman yang bekerja sebagai event organizer, di mana temannya tersebut dikatakan memiliki jatah tiket konser Coldplay.

"Selanjutnya uang hasil penipuan tersebut digunakan pelaku untuk membayar utang dan untuk trading mata uang kripto," ujarnya.

Polisi pun mengamankan barang bukti berupa ponsel, buku rekening bank, termasuk rekening koran bank yang digunakan pelaku untuk melakukan aksinya. Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman selama empat tahun penjara.

Dari kejadian ini, Probo pun meminta agar masyarakat lebih berhati-hati dan waspada terhadap segala bentuk penipuan. Terlebih, dengan adanya penawaran harga tiket konser dengan harga murah dan diharapkan masyarakat lebih cermat dan teliti.

 

"Agar jangan mudah percaya serta tergiur tiket konser musik dengan harga murah supaya tidak menjadi korban penipuan," kata Probo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement