Kamis 30 Nov 2023 00:10 WIB

Dongkrak Ekonomi, Sukabumi Maksimalkan Gelaran Event Pariwisata dan UMKM

Pemda Sukabumi berkomitmen mengembangkan UMKM.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi pelaku UMKM.
Foto: Dok. Gsb
Ilustrasi pelaku UMKM.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Berbagai cara dilakukan untuk mendongkrak perekonomian daerah. Hal ini misalnya dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Sukabumi yang mendorong berbagai gelaran event baik pariwisata maupun pameran produk UMKM.

''Memberdayakan sektor pariwisata melalui penyelenggaraan berbagai acara dengan melibatkan pula UMKM,'' ujar Penjabat (Pj) Wali Kota, Kusmana Hartadji, Rabu (29/11/2023). Upaya tersebut menjadi salah satu fokus Pemkot dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Baca Juga

Pariwisata kata Kusmana, merupakan sektor yang akan diandalkan karena didukung beberapa potensi. Misalnya seperti cukup lengkapnya fasilitas hotel di Kota Sukabumi.

Pemberdayaan sektor pariwisata tersebut besar kemungkinan mendapatkan dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Terlebih, karena Pj Gubenur Jabar Bey Machmudin, dalam sambutannya pada Peringatan Hari Pangan Sedunia di Sukabumi menjanjikan akan menggelar berbagai acara lainnya di Kota Sukabumi.

''Pj Gubernur menyebutkan tahun depan mungkin ada event-event lain untuk memajukan Kota Sukabumi,'' ungkap Kusmana. Sehingga potensi event akan terus dikembangkan di Kota Sukabumi.

Terbaru misalnya dengan gelaran Culinary Night di eks Terminal Sudirman pada 24-26 November 2023 lalu. Kala itu Kusmana menyampaikan bahwa acara seperti Culinary Night rencananya kembali diadakan dengan memanfaatkan ruang diberbagai lokasi lainnya.

''Keberlanjutannya mungkin di ruang-ruang publik. Malam acara dimulai dan pagi sudah bersih,'' kata Kusmana. Jadi, aktivitas perputaran ekonomi akan terkumpul di situ.

Harapannya, lanjut Kusmana, UMKM bangkit, naik kelas, dan masyarakat juga terhibur. ''Tinggal bagaimana pemerintah hadir untuk memberdayakan UMKM dalam mendorong ekonomi warga,'' jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement