Senin 27 Nov 2023 13:07 WIB

Kapolri Minta Provokasi Kerusuhan di Bitung Dihentikan

Hidayat Nur Wahid minta polisi usut pelaku pengibaran bendera Israel di Bitung.

Rep: Febryan A/Wahyu Suryana/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.
Foto:

Pengibaran bendera Israel dilakukan pelaku pengeroyokan massa pro Palestina di Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu. Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid meminta, polisi turut mengusut pelaku pengibaran bendera tersebut.

"Selain agar tidak melebar ke mana-mana, penyerangan terhadap aksi damai bela Palestina dengan mengibarkan bendera Israel itu tidak sesuai dengan sikap resmi Indonesia," kata Hidayat di Jakarta, Senin (27/11/2023).

Menurut dia, Presiden Jokowi sudah menyampaikan sikap resmi Indonesia terkait Israel dan Palestina. Jokowi menegaskan, tindakan Israel masuk kategori pelanggaran serius hukum internasional dan nilai-nilai kemanusiaan.

Bahkan, masih pada November 2023, Presiden Jokowi menyatakan Indonesia berkomitmen mendukung Palestina secara optimal dan konkret. Kekerasan harus segera dihentikan dan pemindahan paksa warga sipil harus diakhiri.

Sikap itu sudah pula disampaikan Presiden Jokowi saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Digelar di King Abdulaziz International Convention Center, Riyadh, Sabtu (11/11).

Atas dasar itu, Hidayat mengingatkan, sikap resmi Indonesia memberi dukungan penuh terhadap Palestina untuk merdeka. Selain itu, juga menolak tindakan Israel yang terus melakukan pelanggaran kepada nilai-nilai kemanusiaan. "Indonesia mendukung Palestina dan melarang mengibarkan bendera Israel," ujar Hidayat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement