Kamis 23 Nov 2023 23:37 WIB

BPBD: Rumah Terdampak Gempa di Sukabumi Ambruk

Kerusakan rumah akibat gempa bertambah parah karena hujan, dan akhirnya ambruk.

Rumah rusak akibat gempa (ilustrasi). Satu rumah yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang terdampak gempa Magnitudo 5,2 akhirnya ambruk.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Rumah rusak akibat gempa (ilustrasi). Satu rumah yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang terdampak gempa Magnitudo 5,2 akhirnya ambruk.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan satu rumah yang berada di Kampung Panaruban, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang terdampak gempa Magnitudo 5,2 berpusat di Kabupaten Bandung pada Sabtu, (18/11) akhirnya ambruk.

"Dampak gempa Magnitudo 5,2 lalu, mengakibatkan rumah milik Rahmat (39) yang berada di RT 02/05, Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung awalnya mengalami retak-retak pada bagian dinding. Namun kerusakan tersebut bertambah parah karena hampir setiap hari diguyur hujan deras sehingga pada Rabu, (22/11/2023) rumah tersebut akhirnya ambruk," kata Humas BPBD Kabupaten Sukabumi Sandra Fitria di Sukabumi pada Kamis, 

Baca Juga

Menurut Sandra, pada peristiwa ini tidak ada korban jiwa, karena seluruh penghuni rumah sudah merasakan kondisi tempat tinggalnya itu tidak lagi layak untuk ditempati, sehingga mengungsi sementara ke rumah sanak saudaranya.

Beruntung, saat kejadian tidak ada satu pun penghuni rumah datang atau berada di dalam rumahnya. Namun demikian satu keluarga atau empat jiwa yang merupakan penghuni rumah tersebut harus mengungsi ke rumah sanak saudaranya.

 

Adapun kerugian yang dialami penyintas bencana akibat rumah rumahnya ambruk mencapai Rp 50 juta. Sementara, untuk bantuan darurat sudah disalurkan kepada keluarga terdampak bencana.

Di sisi lain, ia mengimbau kepada warga, cuaca ekstrem yang melanda hampir di seluruh wilayah Kabupaten Sukabumi ini harus diwaspadai karena berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti angin puting beliung, longsor, banjir, dan lainnya.

Seperti yang terjadi di Kampung Babakansirna, RT 04, RW 013, Kelurahan/Kecamatan Cibadak hujan deras memicu terjadinya bencana longsor tebing dengan panjang 5 meter dan tinggi meter. Akibat bencana yang terjadi pada Selasa, (21/11/2023) sekitar pukul 21.00 WIB satu rumah yang dihuni seorang lansia atas nama Ace Madce (76) rusak akibat diterjang material longsor.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement