Rabu 22 Nov 2023 23:12 WIB

Soal Calon KSAD, Komisi I: Siapa Pun Terpilih, Dia Perwira yang Eligible

Ada 15 nama yang saat ini menyandang bintang tiga.

Anggota Komisi I DPR RI, Andi Najmi.
Foto: istimewa
Anggota Komisi I DPR RI, Andi Najmi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto menyampaikan bocoran sosok penggantinya sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Sosok KSAD akan diisi oleh prajurit berpangkat bintang tiga yang memiliki jabatan strategis.

"Jadi, kalau KSAD itu calonnya, ya, bintang tiga yang memiliki jabatan strategis," ungkap Agus di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).

Baca Juga

Senada dengan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto terkait siapa calon pengisi kursi KSAD, anggota Komisi I DPR RI, Andi Najmi, mengatakan, "Sampai saat ini masih teka-teki. Tentu tidak mudah memilih calon terbaik dari sekian banyak bintang tiga yang baik," ucap Andi saat diwawancarai media di sela acara Sertijab Panglima TNI di Cilangkap, dalam keterangan persnya, Rabu (22/11/2023).

Menurut Andi Najmi, semua Jenderal bintang tiga di lingkungan Angkatan Darat memiliki peluang untuk menduduki posisi KSAD pengganti Jenderal Agus Subiyanto. Ia mengatakan, sepengetahuannya, ada lebih dari 15 nama yang saat ini menyandang bintang tiga.

 

"Saya mendukung statement Panglima TNI yang baru, bahwa semua (perwira) bintang tiga yang eligible (memenuhi syarat), bisa dinominasikan sebagai calon KSAD pengganti posisi yang ditinggalkan beliau," paparnya

Di antara nama-nama yang ada termasuk Wakil KSAD eksisting Letjen TNI Arif Rahman yang juga berpeluang menduduki posisi KSAD. Tentu masih banyak nama lain, seperti Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak, Kasum TNI Letjen Bambang Ismawan, Pangkogabwilhan III Letjen TNI Taruli Horja Tampubolon, Kepala Badan Intelijen Strategis (BAIS) Letjen TNI Rudianto, dan masih banyak deretan nama bintang tiga lainnya.

"Memang yang menonjol dan sering dibicarakan publik adalah Letjen Maruli dan Letjen Suharyanto, tapi tidak menutup peluang Letjen TNI Arif Rahman jadi KSAD. Kita tunggu saja, siapa yang diusulkan oleh Panglima TNI untuk menduduki kursi KSAD nanti," kata dia.

"Siapa pun yang terpilih sebagai KSAD, dia adalah perwira yang eligible," katanya lagi

Ditanya kemungkinan Letjen TNI I Nyoman Cantiasa yang telah ditunjuk sebagai Waka BIN jadi KSAD, dengan berseloroh Andi mengatakan semua kemungkinan bisa saja terjadi, tidak ada yang mustahil di dunia ini.

Andi juga mengucapkan selamat atas dilantiknya Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI. Andi yakin Jenderal Agus dapat menjaga amanah tersebut.

"Selamat buat Jenderal TNI Agus Subiyanto sudah sah sebagai Panglima TNI, semoga bisa mengemban amanah ini dengan segala tantangan termasuk terkait netralitas TNI dalam Pemilu 2024 yang akan datang," ungkap Andi Najmi 

Seperti yang diketahui, Presiden Joko Widodo melantik dan mengambil sumpah jabatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI). Pelantikan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu, 22 November 2023.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement