Jumat 17 Nov 2023 21:53 WIB

Ganjar: Peran Perempuan dan Disabilitas Penting dalam Politik

Capres Ganjar Pranowo sebut peran perempuan dan kelompok disabilitas sangat penting.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo. Capres Ganjar Pranowo sebut peran perempuan dan kelompok disabilitas sangat penting.
Foto: Republika/ Nawir Arsyad Akbar
Bakal calon presiden (capres), Ganjar Pranowo. Capres Ganjar Pranowo sebut peran perempuan dan kelompok disabilitas sangat penting.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon Presiden Ganjar Pranowo mengatakan, dirinya meyakini bahwa keberhasilan negara tidak hanya diukur dari pertumbuhan ekonomi atau hal-hal fisik semata. Melainkan juga dari sejauhmana kita merangkul keberagaman dan melindungi hak-hak setiap warga.

"Dalam tim pemenangan saya untuk pemilu, kami memandang penting untuk memberikan perhatian khusus kepada kelompok rentan seperti perempuan, penyandang disabilitas, dan masyarakat adat serta dialog lintas iman yang menjadi kekuatan kami," kata Ganjar Pranowo dalam pernyataannya, Jumat, 17 November 2023.

Baca Juga

Mengapa perempuan penting? Ganjar menjelaskan, perempuan membentuk setengah dari populasi masyarakat dan memiliki peran sentral dalam pembangunan.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang mendukung kesetaraan gender, memastikan perempuan memiliki akses penuh terhadap pendidikan, pekerjaan dan tentu saja keputusan politik," kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar mengatakan, penyandang disabilitas juga merupakan bagian integral dari masyarakat dan capres dan cawapres Ganjar-Mahfud akan berusaha keras untuk memastikan bahwa infrastruktur dan layanan publik dapat diakses dengan mudah dan hak-hak mereka dijamin sehingga tidak ada yang tertinggal dalam pembangunan nasional.

Ganjar mengatakan, masyarakat adat memliki kekayaan budaya yang penting untuk dihargai dan dilestarikan. Ganjar memastikan bahwa kebijakannya memperkuat mereka atas hak-hak atas tanah dan sumber daya alam. Sambil mempromosikan partisipasi mereka dalam pengambilan keputusan yang memengaruhi komunitas mereka. 

"Kami memandang kelompok rentan sebagai bagian tak terpisahkan dari kesejahteraan nasional dan akan mejadikan perlindungan hak-hak mereka sebagai prioritas utama agenda pemerintahan kami," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan, bersama kebjakan lainnya di TPN Ganjar-Mahfud, dengan merangkul dalam keberagaman, memastikan inklusi akan membangun masyarakat yang lebih adil dan berkelanjutan untuk semua. 

"Untuk kebutuhan strategis ini saya meminta Ibu Jaleswari Pramodhawardani menjadi Tim Inti Inkusi Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud MD yang memuat tiga bidang strategis tadi dan sesegera mungkin untuk bergerak cepat. Selamat bertugas," pungkas Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement