Sabtu 18 Nov 2023 00:51 WIB

Tiga Kategori Cuaca Ekstrem Pernah Terjadi di Indonesia, Apa dan Bagaimana Cirinya?

Masyarakat diimbau tetap siaga menghadapi bencana hidrometeolologi.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Agus raharjo
Mendung menyelimuti kawasan Bundaran Hotel Indonesia di Jakarta, Sabtu (15/10/2022). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis cuaca ekstrem akan terus berlanjut hingga sepekan ke depan dan diprediksi akan terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia.
Foto:

Sebab itu, dia merekomendasikan masyarakat untuk melakukan kesiapan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi. Langkah-langkah yang bisa dilakukan seperti kesiapsagaan logisitik penyelamatan dan pascabencana, membersihkan saluran air, memastikan aliran air tidak terhambat, dan menyimpan barang-barang berharga di tempat yang aman.

“Melakukan perencanaan evakuasi yang terorganisir saat terjadi bencana hidrometeorologis, dengan mematuhi komando dari aparat pemerintah setempat,” kata dia.

Masyarakat juga perlu menjaga kesehatan, terutama pada musim hujan dengan peralatan pelindung seperti membawa payung dan jas hujan. Dia juga mengingatkan masyarakat untuk memperbanyak konsumsi makanan bergizi seperti buah, sayur-sayuran, dan vitamin, dan juga air putih yang cukup

“Selalu memantau info BMKG di berbagai kanal media, terutama media sosial terkait pemantauan informasi prakiraan cuaca dan peringatan dini berbasis dampak akan bencana hidrometeorologi,” tegas Andri.

photo
Infografis Mengapa Mudah Sakit Saat Cuaca Ekstrem? - (republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement