Selasa 14 Nov 2023 10:07 WIB

Raja-Raja Arab, Benarkah Mereka Berpaling dari Palestina?

Ada apa dengan raja-raja Arab dalam kasus Palestina

Sekretaris Jenderal Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) Hissein Brahim Taha dalam KTT yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023).
Foto:

Cepat atau lambat, rakyat di kerajaan-kerajaan Arab itu akan menumbangkan raja-raja diktator mereka melalui sebuah revolusi yang menuntut didirikannya republik atau bentuk lain dari sistem politik yang lebih demokratis. Negara-negara milik keluarga di dunia Arab akan segera digantikan menjadi milik bersama warga negara. 

Kehadiran pangkalan-pangkalan militer Amerika di kerajaan-kerajaan itu sejauh ini masih efektif menakut-nakuti perlawanan rakyat mereka. Ketergantungan keamanan seperti ini sangatlah penting dan fundamental. Tidak seorang pun dapat meremehkan fungsi pangkalan-pangkalan militer Amerika merawat kekuasaan raja-raja Arab. 

Setidaknya 60.000 tentara Amerika saat ini ditempatkan di negara-negara Timur Tengah, menurut Komando Pusat Amerika Serikat. Demi menjaga keberlansungan hidup Israel Raya dan kestabilan kekuasaan raja-raja Arab sapi perah Amerika. Sebenarnya, dua agenda itu terhubung satu sama lain. Amerika harus menjaga monarkhi Arab, satu paket demi keamanan Israel.

Itu sebabnya, dari bacaan seperti ini adalah tidak akurat menyimpulkan kerajaan-kerajaan Arab mengkhianati Palestina. Kita lebih tepat mengatakan para penguasa Arab Saudi, Yordania, UEA, dan Mesir telah berkhianat pada rakyat mereka sendiri. Bagaimana mungkin, raja-raja Arab berkhianat pada perjuangan rakyat Palestina yang memang tidak pernah mereka dukung sepenuh hati sejak awal.

Percayalah, raja-raja Arab tidak pernah berpaling. Mohammad bin Salman (MBS), Mohammad bin Zaid (MBZ), Abudullah II, dan Abdul Fatah Al-Sisi tidak berpaling dari perjuangan Palestina. Pandangan mereka realistis. Tertuju fokus lurus memikirkan cara merawat kekuasaan mereka sendiri. Lebih kekal, lebih lama.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement