Sabtu 11 Nov 2023 19:08 WIB

Jokowi tak Ucapkan Selamat Ulang Tahun ke Nasdem, Ahmad Ali: Tak Diminta 

Perayaan ulang tahun Partai Nasdem dilakukan secara tertutup.

Rep: Eva Rianti/ Red: Teguh Firmansyah
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali di Nasdem Tower, Sabtu (11/11/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali di Nasdem Tower, Sabtu (11/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perayaan hari ulang tahun (HUT) ke-12 Partai Nasdem tidak diwarnai dengan ucapan selamat dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengatakan bahwa memang pihaknya tidak meminta ucapan selamat dari RI 1. 

"Karena tidak diminta. Ini ultah internal," kata Ali kepada wartawan usai acara perayaan HUT ke-12 Partai Nasdem di Gedung Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Sabtu (11/11/2023). 

 

Jokowi diketahui tidak mengucapkan selamat ulang tahun kepada Partai Nasdem dua kali berturut-turut, sejak mengusung Anies Baswedan sebagai bacapres di Pilpres 2024. Partai Nasdem diketahui mendukung Jokowi selama dua periode, lantas beralih membangun Koalisi Perubahan dengan mengusung Anies. 

 

Ali menegaskan bahwa perayaan ulang tahun Partai Nasdem dilakukan secara tertutup, sehingga tidak mengundang pihak-pihak eksternal. 

 

"Pertanyaannya kenapa Pak Jokowi tidak memberikan ucapan selamat ulang tahun, ya karena Nasdem tidak meminta itu, kemudian perayaan kali ini kita lakukan secara tertutup, dirayakan secara internal partai dan bahkan ketua-ketua partai, Anies Baswedan sekalipun capres Partai Nasdem itu enggak diundang, dia datang untuk mengucapkan selamat," ungkap Ali. 

 

Ali menyebut, kalaupun Pak Jokowi mengucapkan selamat untuk Partai Nasdem atau bahkan bertandang dalam perayaan ulang tahunnya, Partai Nasdem mengaku sangat senang.  "Kalau Pak Jokowi datang tentu kita terima dengan senang. Kalau Pak Jokowi mengirim ucapan ya dengan senang hati kita terima. Kalau kemudian dari internal ya memang kita tidak pernah meminta dari eksternal dari pemerintah, kapolri, panglima, dari siapa saja enggak ada, termasuk Jokowi," lanjutnya.

 

Pantauan Republika, HUT ke-12 Partai Nasdem dirayakan di Nasdem Tower pada hari ini. Gedung Nasdem Tower tampak ramai didatangi para kader. Tampak Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh menghadiri acara perayaan hari jadi partai besutannya tersebut. 

 

Hadir pula bacapres yang diusung maju dalam Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan. Selain itu, pasangannya yakni Muhaimin Iskandar yang juga Ketua Umum PKB turut hadir, juga Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid. Namun, pejabat dari PKS tidak terlihat hadir dalam acara perayaan HUT tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement