Sabtu 11 Nov 2023 00:41 WIB

Indo Barometer: Pemilih Anies-Muhaimin Orang-Orang yang tidak Puas dengan Kinerja Jokowi

Elektabilitas Anies-Imin berdasarkan survei Indo Barometer sebesar 18,3 persen.

Pasangan Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar (Amin) di acara senam sehat di GDC, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (28/10/2023).
Foto:

Sebelumnya, survei terbaru Populi Center juga menyebutkan angka elektabilitas pasangan capres-cawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 'AMIN'  mengalami peningkatan tipis. Kenaikan tipis itu di antaranya lantaran meningkatnya dukungan dari pemilih di Pulau Sumatera. 

Peneliti Populi Center Hartanto Rosojati mengatakan, elektabilitas AMIN mengalami sedikit kenaikan dibandingkan survei pada September 2023 lalu. Setidaknya ada tiga alasan yang menyebabkan elektabilitas pasangan tersebut naik tipis. 

"Pertama, elektabilitas top of mind Anies Baswedan sebagai capres dan Muhaimin Iskandar sebagai cawapres sedikit meningkat. Elektabilitas terbuka Anies Baswedan pada beberapa survei sebelumnya rata-rata hanya sebesar 14 persen, namun pada survei kali ini elektabilitas Anies Baswedan sebesar 18,2 persen. Sementara Muhaimin Iskandar juga meningkat dari 4,7 persen pada September menjadi 12,3 persen pada survei kali ini," kata Hartanto saat merilis survei Populi dengan tema 'Starting Point: Posisi Elektoral Jelang Kampanye Pemilu 2024' di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (9/11/2023).  

Kedua, solidnya dukungan partai pengusung. Pemilih Partai Keadilan Sejahtera (PKS) terhadap Anies Baswedan pada September 2023 sebesar 63,9 persen dan mengalami peningkatan pada survei ini menjadi 72,7 persen. Sementara dukungan pemilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk Anies Baswedan juga semakin kuat dari 19,1 persen menjadi 32,1 persen untuk pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.  

"Ketiga, dukungan meningkat dari pemilih Sumatera. Dukungan pemilh dari Sumatra terhadap Anies Baswedan pada bulan September sebesar 28,4 persen, dan pada survei kali ini dukungan terhadap pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 36,8 persen," ujar Hartanto. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement