Jumat 10 Nov 2023 19:50 WIB

Pemprov Sumbar Salurkan Donasi Sejumlah Rp 2,4 Miliar untuk Palestina

Upaya pengumpulan dan penggalangan donasi akan terus dilakukan oleh Pemprov Sumbar.

Rep: Febrian Fachri / Red: Gita Amanda
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan, Pemprov Sumbar menyalurkan donasi senilai Rp 2,4 miliar untuk membantu warga Palestina. (ilustrasi)
Foto: Pemprov Sumbar
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan, Pemprov Sumbar menyalurkan donasi senilai Rp 2,4 miliar untuk membantu warga Palestina. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) menyalurkan donasi senilai Rp 2,4 miliar untuk membantu warga Palestina. Donasi tersebut diserahkan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy, usai Upacara Peringatan Hari Pahlawan Nasional di Halaman Kantor Gubernur Sumbar, Jumat (10/11/2023).

"Alhamdulillah, dalam momentum peringatan Hari Pahlawan ini, Pemprov Sumbar berkesempatan menyalurkan bantuan untuk saudara-saudara kita di Palestina senilai Rp 2,4 miliar, hasil pengumpulan donasi seluruh pegawai Pemprov Sumbar dan masyarakat," kata Audy.

Baca Juga

Audy menjelaskan penyaluran bantuan tersebut dilakukan melalui perantara lembaga amil zakat penyalur yang menghimpun seluruh donasi dari Sumbar untuk Palestina.

Di antaranya adalah Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) Sumbar, Yayasan Kesejahteraan Madani (Yakesma) Sumbar, serta Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) Sumbar.

 

"Meski jumlah yang telah terkumpul belum seberapa, kita berharap semoga donasi dari Sumbar ini dapat meringankan beban yang dirasakan saudara kita di Palestina, akibat aksi penjajahan zionisme oleh militer Israel," ujar Audy.

"Kita terus berdoa, agar saudara-saudara kita di Palestina selalu dalam lindungan Allah SWT," kata Audy menambahkan.

Selain penyaluran tahap ini, Wagub Audy juga menyebutkan bahwa upaya pengumpulan dan penggalangan donasi akan terus dilakukan oleh Pemprov Sumbar. Termasuk dengan keterlibatan Baznas Sumbar sebagai pengumpul zakat utama di lingkup Pemprov Sumbar.

Ada pun bantuan senilai Rp 2,4 miliar lebih yang telah disalurkan hari ini oleh Pemprov Sumbar, diterima langsung oleh perwakilan Lazismu Sumbar senilai Rp 487.666.860, Yakesma Sumbar senilai Rp 975.333.730, serta perwakilan KNRP Sumbar senilai Rp 975.333.720. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement